Penyelundupan

Benih Lobster Rp 4 Miliar Disita Petugas Bandara Soetta dari AirAsia Rute Jakarta-Singapura

Petugas Bandara Soekarno-Hatta mengamankan 2 koper berisi 40.309 benih lobster dari lambung pesawat AirAsia QZ262 rute Jakarta-Singapura.

Benih Lobster Rp 4 Miliar Disita Petugas Bandara Soetta dari AirAsia Rute Jakarta-Singapura
Warta Kota/Andika Panduwinata
Penyelundupan benih lobster kembali digagalkan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang pada Senin (25/2/2019). Kali ini petugas mengamankan 2 koper yang berisi 40.309 benih lobster dari lambung pesawat AirAsia QZ262 rute Jakarta - Singapura. 

Benih Lobster Rp 4 Miliar Diselundupkan di Bandara Soekarno-Hatta. Diduga benih lobster akan dibawa ke Vietnam. Dua koper berisi 40.309 benih lobster disita. Benih lobster diamankan dari pesawat AirAsia QZ262 rute Jakarta-Singapura.

PENYELUNDUPAN benih lobster kembali digagalkan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang pada Senin (25/2/2019).

Kali ini petugas mengamankan 2 koper berisi 40.309 benih lobster dari lambung pesawat AirAsia QZ262 rute Jakarta-Singapura.

Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe C Bandara Soetta, Erwin Situmorang menjelaskan, digagalkannya penyelundupan tersebut berawal dari informasi dari Bareskrim dan Balai Besar Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Jakarta I.

"Kami dapat informasi dari BKIPM dan Bareskrim. Modus ini teroganisir dengan benar, sehingga bisa dikondisikan dengan Regulated Agent hingga bisa sampai ke pesawat," ujar Erwin di Terminal Kargo, Bandara Soetta, Tangerang, Senin (25/2/2019).

Hasil Lengkap di Hari Kedua Tes Pramusim MotoGP di Sirkuit Losail Qatar, Alex Rins Tercepat

Ratusan TNI Manunggal Masuk Desa Bantu Perbaiki Jalan dan Rumah Warga di Bekasi

Polisi Kumpulkan Bukti dan Petunjuk Selidiki Persekusi Jurnalis di Acara Munajat 212 di Monas

Menurut Erwin, penyelundupan benih lobster dengan nilai estimasi mencapai Rp 4 miliar tersebut dilakukan oleh orang-orang yang profesional.

Pasalnya, wadah benih lobster itu berbeda dengan penyelundupan yang pernah terbongkar.

"Ini modusnya diberitahukan adalah tekstil. Akan dikirim ke Singapura. Kami lihat packing-nya sangat bagus. Biasanya benih lobster itu agak kurang rapih, tapi ini terencana dengan baik," ucapnya.

Dibawa ke Vietnam

Sementara itu Kepala BKIPM Jakarta I, Habrin Yake menyebut, dirinya meyakini penyelundupan benih lobster kali ini langsung akan dibawa ke Vietnam melalui Singapura.

Halaman
12
Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved