Dilan Day

Ridwan Kamil, Wakil Kepala Sekolah Dilan dan Milea yang Suka Nonton Film

Tak hanya memimpin Provinsi Jawa Barat, Gubernur Ridwan Kamil juga pintar akting film. Tapi ada syarat jika mengajak Ridwan Kamil berakting. Apa itu?

Ridwan Kamil, Wakil Kepala Sekolah Dilan dan Milea yang Suka Nonton Film
Kompas.com
Vanesha Prescilla, pemeran Milea dalam Film Dilan 1991 bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat konferensi pers di Gedung Pakuan Bandung, Minggu (10/2/2019).(KOMPAS.com/RENI SUSANTI) 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyambut hangat kehadiran Iqbaal Ramadhan (19), Vanesha Prescilla (19) dan para bintang film Dilan 1991, sesaat setelah mereka tiba di Gedung Pakuan, rumah dinasnya, Minggu (24/2/2019).

Kedatangan Iqbaal, Vanesha dan bintang film sekuel Dilan 1990 tersebut ke Gedung Pakuan untuk memulai digelarnya Hari Dilan (Dilan Day).

Hari Dilan ditetapkan gubernur bersama digelarnya gala premier Dilan 1991. Film itu baru diputar di bioskop Indonesia mulai 28 Februari 2019.

Begitu melihat Iqbaal dkk duduk di teras Gedung Pakuan, Ridwan Kamil yang biasa disapa Kang Emil ini teringat pada kisah masa mudanya.

Vanesha Prescilla dan Iqbaal Ramadhan bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Menteri Pariwisata RI Arief Yahya
Vanesha Prescilla dan Iqbaal Ramadhan bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Menteri Pariwisata RI Arief Yahya (Warta Kota/Arie Puji Waluyo)

Ridwan Kamil bahkan terkejut ketika mengetahui disampingnya duduk Menteri Pariwisata Arief Yahya.

"Jarang-jarang Pak Menteri mensupport sebuah film Indonesia," kata Ridwan Kamil yang juga menyukai dan sering nonton film di bioskop ketika ada waktu luang.

"Saya sebenarnya ada beberapa dimensi diluar pejabat, saya ini pecinta film. Kadang-kadang kalau ada waktu, saya suka movie marathon. Tidak pernah tidak ke bioskop untuk menonton film," jelas Ridwan Kamil.

Bagi orang nomor satu di Jawa Barat tersebut, Dilan 1990 (2018), dan sekarang Dilan 1991, merupakan salah satu bentuk dukung ekonomi kreatif di daerah.

Game Dilan.
Game Dilan. (ANTARA News/HO Agate)

Apalagi Jawa Barat, diklaim Ridwan Kamil, adalah satu-satunya provinsi di Indonesia yang memiliki peraturan ekonomi kreatif.

Cerita Dilan (diperankan Iqbaal Ramadhan) dan Milea (Vanesha Prescilla) juga mengingatkan Ridwan Kamil ketika muda.

Film Dilan 1990 dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla. Film produksi MAX Pictures dan Falcon Pictures ini dirilis pada 25 Januari 2018.
Film Dilan 1990 dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla. Film produksi MAX Pictures dan Falcon Pictures ini dirilis pada 25 Januari 2018. (MAX Pictures/Falcon Pictures)

"Kisah Dilan ini jaman saya sebenarnya yang pacaran di tempat umum, tanpa helm. Tapi luar biasanya, disukai sama anak-anak muda. Dan pencapaian Dilan ini luar biasa," kata mantan Walikota Bandung ini.

Menurut Ridwan Kamil, Dilan adalah kombinasi cerita dan setting novel dan film yang luar biasa. "Saya hanya berharap, kesuksesan (Dilan 1990) itu menjadi kesuksesan berikut (Dilan 1991)," ujar Ridwan Kamil.

Di film garapan sutradara Fajar Bustomi dan Pidi Baiq itu, Ridwan Kamil juga ikut berakting. "Kalau diajak main film, saya minta dua syarat, yakni harus ada unsur Bandung juara dan tidak dibayar karena saya pejabat publik," ucap Ridwan Kamil tersenyum.

Penulis:
Editor: Irwan Wahyu Kintoko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved