VIDEO: Pemerintah Gelontorkan Rp 7 Triliun Beli Pendeteksi Gempa dan Tsunami

Kalau ngga keliru angkanya hampir (Rp) tujuh triliun lebih itu dialokasikan untuk tiga tahun ke depan," kata Luhut Binsar Panjaitan

- Pemerintah menyiapkan dana total sekitar Rp 7 triliun untuk memodernisasi sistem mitigasi bencana dalam tiga tahun ke depan.

Hal tersebut dinyatakan Menteri Koordinator Kemaritiman, Jend. TNI. Purn. Luhut Binsar Panjaitan dalam jumpa pers di kantornya, Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (20/2/2019).

"Kita menyiapkan aggaran yang cukup besar untuk memodernisasi sistem entah itu pendeteksi cuaca, pendeteksi gempa, kemudian tsunami dan sebagainya. Kalau ngga keliru angkanya hampir (Rp) tujuh triliun lebih itu dialokasikan untuk tiga tahun ke depan," kata Luhut Binsar Panjaitan

Menurut Luhut, sudah sepantasnya Indonesia yang berada pada kawasan ring of fire (rawan bencana) memiliki anggaran yang cukup untuk melakukan perkembangan mitigasi bencana.

Karena fenomena bencana yang terjadi di Indonesia sudah mulai sangat tak bisa diprediksi dengan cara yang biasa, seperti tsunami yang terjadi di Selat Sunda beberapa waktu lalu.

Menurut Luhut sistem yang dimilik Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sudah cukup canggih.

Namun, masih belum bisa mendeteksi secara dini bencana tsunami yang terjadi di Selat Sunda.

Oleh sebab itu, Menurut Luhut pengembangan sistem deteksi dini bencana sangat dibutuhkan. (*)

Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved