Ini Perbedaan Purnama Perige dan Apoge Hingga 5 Fakta Fenomena Supermoon Super Snow Moon

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG menjelaskan perbedaan purnama perige dan apoge.

Penulis: Panji Baskhara | Editor: Panji Baskhara
Istimewa
Penjelasan BMKG mengenai Purnama Perige dan Apoge yang terjadi tahun 2019. (Twitter @infoBMG) 

ADA yang tahu perbedaan purnama perige dan apoge yang terjadi di Indonesia di tahun 2019 ini ?

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG pun menjelaskan perbedaan purnama perige dan apoge tersebut melalui akun twitter resmi BMKG @infoBMKG.

Mengenai perbedaan purnama perige dan apoge yang dijelaskan BMKG dimaksud, yakni bulan purnama super atau disebut supermoon.

Seperti yang diketahui, pada Selasa (19/2 2019), khalayak sempat diramaikan akan kemunculan bulan purnama paling terang dan terbesar di sepanjang tahun dan terjadi di tahun 2019 ini yakni Super Snow Moon.

Sebelumnya, fakta-Fakta terbaru fenomena alam supermoon terbesar sepanjang 2019 pada 19 Februari tersaji di artikel ini.

Simak pula bahaya dan keindahan supermoon 19 Februari 2019, menurut informasi pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG.

Supermoon adalah fenomena alam saat bulan berada dalam jarak terdekatnya dengan bumi dan fenomena ini selalu terjadi pada saat bulan sedang dalam fase purnama.

BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya pun mengeluarkan peringatan kepada warga Jawa Timur (Jatim) terkait supermoon pada 19 Februari 2019.

Selam tiga hari kedepan, Senin-Rabu (18-20/2019) warga Jatim diminta mewaspadai lantaran adanya supermoon.

Peringatan dini disampikan BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya melalui instagram.

Melalui instragam akun @bmkgmaritimjatim, pihak BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya menginformasikan, adanya kemunculan supermoon yang sudah tiba pada Februari 2019 ini.

"Super Moon tibaa !!! Fenomena Super Moon terjadi akibat bulan berada dalam posisi terdekatnya dengan bumi. Karena di bulan Februari ini masih puncaknya musim hujan ditambah lagi air laut yang sedang pasang maksimum, maka waspadai potensi terjadinya Banjir Rob di wilayah pesisir Jawa Timur terutama wilayah Utara Jatim, guys... Tetap berhati-hati dan selalu update info cuaca dari BMKG. Sebagaimana kamu berhati-hati ketika ketemu mantan dan selalu update statusnya," tulis BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya di instragram-nya, Minggu (17/2/2019).

Dalam unggahan instagram, BMKG Maritim Tanjung Pareak Surabaya menjelaskan, di bulan Februari 2019 ini masih puncaknya musim hujan.

Kemudian air laut yang sedang pasang maksimum, maka waspadai potensi terjadinya banjir rob di wilayah pesisir Jawa Timur terutama wilayah Utara Jawa Timur.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved