Setelah Debat Pilpres 2019, Jokowi Ungguli Prabowo Berdasarkan Polling di Media Massa

Jokowi ungguli Prabowo pada debat kedua Pilpres 2019 berdasarkan polling di media massa.

Setelah Debat Pilpres 2019, Jokowi Ungguli Prabowo Berdasarkan Polling di Media Massa
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo saat debat kedua Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). Debat kedua Pilpres 2019 beragendakan penyampaian visi misi bidang Infrastruktur, Energi, Pangan, Sumber Daya Alam, dan Lingkungan Hidup. 

Calon Presiden Republik Indonesia nomor urut 01, Joko Widodo atau Jokowi dinilai jauh mengungguli Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto pada debat kedua Pilpres 2019 yang sudah berlangsung, Minggu (17/2/2019) malam lalu.

Hal itu terlihat dalam sejumlah polling lewat media sosial Twitter yang dibuat media-media nasional yang berakhir, Senin (18/2/2019) malam.

Polling dibuat dengan pertanyaan sederhana, "Siapa yang Anda jagokan setelah menyaksikan debat kedua?". Dalam poling yang dibuat Republika.co.id lewat akun @republikaonline misalnya, terlihat Jokowi dan pasangannya, Mar'ruf Amin meraih 52 persen.

Polling Republika
Polling Debat Pilpres 2019

Sedangkan Prabowo yang berpasangan dengan Sandiaga Uno hanya meraih 48 persen suara. Jokowi juga unggul pada polling Indonesia lawyers Club (ILC) lewat akun @ILCtv1. Jokowi memimpin dengan 59 persen dan Prabowo 41 persen.

Polling Media Massa
Polling

Pada polling yang dibuat Beritasatu, hasilnya Jokowi meraih 52 persen, Prabowo 45 persen, tidak ada 2 persen, dan tidak tahu 1 persen.

Polling Media Massa Usai Debat Pilpres
Polling usai Debat Pilpres 2019

Selanjutnya polling SeputariNewsRCTI menunjukkan Jokowi meraih 82 persen dan Prabowo hanya 18 persen. Hasil serupa pun terjadi pada polling yang dibuat Viva.co.id, MNC Trijaya 104.6 FM, Radio Elshinta, @Iwan Fals, Okezone, serta Tempo.co.

Suasana saat berlangsungnya debat capres yang dilaksanakan untuk bagian kedua di Jakarta, Minggu (17/2/2019).
Suasana saat berlangsungnya debat capres yang dilaksanakan untuk bagian kedua di Jakarta, Minggu (17/2/2019). (Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha)

Maruf Amin Minta Sandiaga Uno Jangan Sungkan kepadanya Saat Debat Ketiga Pilpres 2019

Sandiaga Uno Minta Suporter Debat Ketiga Pilpres 2019 Cukup 50 Orang Saja

Dilaporkan ke Bawaslu, Jokowi: Debat kok Dilaporkan, Nggak Usah Debat Saja

Suasana saat berlangsungnya debat capres yang dilaksanakan untuk bagian kedua di Jakarta, Minggu (17/2/2019).
Suasana saat berlangsungnya debat capres yang dilaksanakan untuk bagian kedua di Jakarta, Minggu (17/2/2019). (Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha)

"Yang menarik untuk diamati adalah polling diselenggarakan oleh media-media mainstream. Dan masyarakat membuktikan kemenangan telak Jokowi lewat polling karena hampir di semua polling itu Jokowi unggul telak," kata Jubir Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi- Ma'ruf Amin, Arya Sinulingga.

"Ini bukti partisipasi nyata masyarakat dengan ikut menentukan kemenangan lewat polling. Masyarakat sudah pintar menentukan pilihan. Polling berbagai media itu bisa juga menjadi referensi kita," sambungnya.

CALON Presiden Nomor Urut 2 Prabowo Subianto menyampaikan gagasannya saat Debat Kedua Calon Presiden, Pemilihan Umum 2019, di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).
CALON Presiden Nomor Urut 2 Prabowo Subianto menyampaikan gagasannya saat Debat Kedua Calon Presiden, Pemilihan Umum 2019, di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). (Kompas.com/Kristianto Purnomo)

Menurut Arya, dalam pemaparan visi dan misi terlihat sekali terjadi perbedaan yang tajam yakni Prabowo melangit, Jokowi membumi.

Prabowo bicara soal kemandirian namun tidak menjelaskan tentang apa yang akan dilakukan untuk mendukung ke arah terwujudnya kemandirian tersebut termasuk saat bicara soal swasembada pangan, tetapi tidak mengurai tentang bagaimana cara mencapainya.

Belum lagi bicara soal swasembada air. Sementara Jokowi, lanjut Arya, memaparkan visi dengan menjelaskan capaian dan langkah yang lebih konkret dan realistis.

Editor: Eko Priyono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved