Polres Jakarta Utara Pecat Enam Anak Buahnya karena Pakai Narkoba dan Desersi

UPACARA Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) digelar di halaman Mapolres Metro Jakarta Utara, Selasa (19/2/2019).

Polres Jakarta Utara Pecat Enam Anak Buahnya karena Pakai Narkoba dan Desersi
WARTA KOTA/JUNIANTO HAMONANGAN
Kapolres Metro Jakut Kombes Budhi Herdi Susianto mencopot anggota yang terlibat penyalahgunaan narkoba dan desersi, Selasa (19/2/2019). 

UPACARA Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) digelar di halaman Mapolres Metro Jakarta Utara, Selasa (19/2/2019).

Sebanyak enam anggota Polres Metro Jakarta Utara dipecat karena tersangkut narkoba dan desersi.

Pada kesempatan itu, hanya ada satu anggota Polres Metro Jakarta Utara yang diberhentikan dengan tidak hormat. Pemberhentian dilakukan dengan mencopot seragam yang bersangkutan.

Prabowo Tak akan Ubah Gaya di Debat Kedua Pilpres 2019

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto mengatakan, kegiatan hari ini sebenarnya tidak ingin dilakukan, tapi terpaksa dilakukan demi menyelamatkan organisasi Polri yang lebih besar.

“Kita terpaksa melakukan pemberhentian tidak dengan hormat anggota Polres Metro Jakarta Utara, yang memang telah melakukan pelanggaran yang sudah dilakukan upaya pembinaan, namun yang bersangkutan tidak ada perubahan,” kata Budhi Herdi Susianto.

Budhi Herdi Susianto menambahkan, kebijakan itu sudah diajukan melalui proses sidang kode etik, dan akhirnya diputuskan pimpinan untuk diberhentikan tidak dengan hormat. Namun, dari enam anggota yang dipecat, hanya satu yang hadir dalam upacara.

Ini Insiden yang Dialami Pesawat Lion Air dalam Empat Bulan Terakhir

“Adapun anggota yang diberhentikan tidak hormat pagi hari ini ada enam orang, namun yang hadir satu orang, yang lima inabsentia. Sampai sekarang kita tidak tahu keberadaan mereka, tapi kami masih cari yang bersangkutan,” tuturnya.

Pelanggaran yang dilakukan oleh keenam anggota tersebut adalah penyalahgunaan narkoba dan sebagian desersi. Menurut Budhi Herdi Susianto, kasus desersi erat kaitannya dengan narkoba.

“Biasanya orang terkena narkoba dulu. Setelah kena narkoba dia enggak jadi dirinya sendiri, dia sudah lupa statusnya, sehingga dia takut masuk kantor, dari situ dia akhirnya desersi,” ungkapnya.

Ada pun enam anggota Polres Metro Jakarta Utara yang dipecat adalah Brigadir EA, Briptu R, Aipda SN, Bripka DH, Briptu EW, dan Bharaka RP. Mereka ada yang bertugas di Sat Sabhara, Sat Binmas, Bag Sumda, dan Si Propam. (*)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved