Breaking News:

VIDEO: Komentar Aktivis Lingkungan Walhi Soal Debat Capres Kedua

kalau 01 itu lebih banyak mempromosikan yang dicapai. Kesan (debat) seolah-olah bisa diabaikan hanya demi mengejar pembangunan infrastruktur terutama

- Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Nur Hidayati menanggapi hasil debat kedua capres pada Minggu malam kemarin.

Ia menyebut, Jokowi maupun Prabowo sama-sama tak memberikan jawaban memuaskan, serta sama sekali tak menyentuh akar masalah.

"Jadi kemaren secara umum keduanya itu belum bisa memberikan jawaban memuaskan dan belum bisa memberikan tawaran kira-kira bagaimana mereka berdua (Jokowi maupun Prabowo) itu akan memajukan tema-tema yang sedang diperdebatkan," kata Nur Hidayati usai konferens, di kantor WALHI, Mampang, Jakarta Selatan, Senin (18/2/2019).

Perempuan berkacamata ini, mengatakan, calon pertahana cenderung memamerkan pretasi yang telah dilakukan.

Ia menambahkan, contohnya pembukaan lahan hutan untuk pembangunan jalan di Papua dan Kalimantan
yang justru bisa menimbulkan potensi dampak kerusakan lingkungan jangka panjang yang cukup besar.

"Secara spesifik kalau 01 itu lebih banyak mempromosikan yang dicapai. Kesan (debat) seolah-olah bisa diabaikan hanya demi mengejar pembangunan infrastruktur terutama yang memang ditonjolkan oleh Pak Jokowi," jelas dia.

Sementara itu, untuk capres 02 ia menuturkan, tak ada tawaran alternatif yang diberikan atau dalam tanda kutip masih dalam tataran jargon semata.

Nur Hidayati menilai, jawaban-jawaban Ketum Partai Gerindra cenderung normatif.

"Jadi tataran masih jargon "ya kami akan melakukan hal yang berbeda, mendorong kedaultan dll," tetapi yang ingin kita lihat gimana caranya pasti semua capres pasti bicara itu. 'Saya akan melakukan pembangunan untuk kesejahteraan rakyat, kedaulatan'. Tapi bagaimana capres 02 itu memiliki metode atau model yang berbeda dengan 01, itu yang kita tidak dapatkan gitu," jelas Nur Hidayati.

"Jadi ya itulah hanya jargon-jargon saja," sambung dia.

Debat kedua yang dilaksankan di Hotel Sultan, Jakarta, pada Minggu malam kemarin (17/2), diikuti head to head oleh Jokowi dan Prabowo Subianto.

Pada debat kedua itu, tema yang diangkat adalah energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.(*)

Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved