Dukung EODB, BPJS Kesehatan Terapkan Sistem Terintegrasi

“Kami dengan BPJS Ketenagakerjaan sudah sepakat begitu mendaftar, begitu bayar satu hari, itu dia sudah dilindungi BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Keseh

Dukung EODB, BPJS Kesehatan Terapkan Sistem Terintegrasi
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Sosialisasi Kemudahan Berusaha atau Ease of Doing Business (EODB) di Indonesia dalam Pendaftaran BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, serta Pembayaran Pajak, digelar di Klub Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (18/2). 

Laporan Wartawan Warta Kota, Junianto Hamonangan

KELAPA GADING, WARTA KOTA -- Sosialisasi Kemudahan Berusaha atau Ease of Doing Business (EODB) di Indonesia dalam Pendaftaran BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, serta Pembayaran Pajak, digelar di Klub Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (18/02).

Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan, Andayani Budi Lestari mengatakan kegiatan itu digelar dalam rangka memberikan kemudahan dalam melakukan pendaftaran bagi Badan Usaha sebagai peserta JKN-KIS.

“Hasil survey EODB yang diselenggarakan oleh Bank Dunia pada tahun 2019, Indonesia berada di peringkat ke-73. Jadi kami harapkan peringkat kemudahan berusaha di Indonesia naik, targetnya tahun 2019 rangking 40,” katanya.

Untuk itu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan bekerja sama dengan Badan Koordinasi Pelayanan dan Penanaman Modal (BKPPM) dan Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP) mengembangkan sistem terintegrasi antara pelayanan publik dengan sistem pendaftaran Badan Usaha

Para calon peserta Badan Usaha BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan melakukan pendaftaran dengan mengisi Formulir Pendaftaran Bersama (FPB).

Mereka juga dapat mengakses portal BPJS, dengan integrasi sistem Online Single Submission (OSS).

Sosialisasi Kemudahan Berusaha atau Ease of Doing Business (EODB) di Indonesia dalam Pendaftaran BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, serta Pembayaran Pajak, digelar di Klub Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (18/2).
Sosialisasi Kemudahan Berusaha atau Ease of Doing Business (EODB) di Indonesia dalam Pendaftaran BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, serta Pembayaran Pajak, digelar di Klub Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (18/2). (Warta Kota/Junianto Hamonangan)

“Tujuannya kalau peringkatnya naik, negara lain atau investor dengan mudahnya lakukan investasi di Indonesia karena persyaratan jadi lebih mudah dan tidak harus ke banyak meja,” sambung Andayani.

Mekanisme layanan satu pintu dan terintegrasi itu juga bertujuan untuk memangkas prosedur registrasi Badan Usaha baru.

Sehingga proses yang dilalui akan lebih praktis dan lebih cepat.

“Kami dengan BPJS Ketenagakerjaan sudah sepakat begitu mendaftar, begitu bayar satu hari, itu dia sudah dilindungi BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan,” ucapnya.

“Saya berharap pemangkasan prosedur registrasi Badan Usaha baru ini dapat memberikan kemudahan kepada Badan Usaha dalam mendapatkan perlindungan sosial bagi karyawan dan anggota keluarganya,” tuturnya. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved