Turap Ambrol, Perbaikan Saluran Phb Gading Kirana Butuh Waktu Dua Bulan

Saluran penghubung (Phb) Gading Kirana, RW 08 Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara yang ambrol tengah diperbaiki.

Turap Ambrol, Perbaikan Saluran Phb Gading Kirana Butuh Waktu Dua Bulan
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Perbaikan turap yang ambrol di Gading Kirana, Jakarta Utara. 

Saluran penghubung (Phb) Gading Kirana, RW 08 Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara diperbaiki.

Perbaikan dilakukan setelah turap saluran Phb Gading Kirana ambrol akibat termakan usia dan hujan deras.

Kepala Satuan Pelaksana (Satpel) Sumber Daya Air Kelapa Gading, Rukmana mengatakan saluran Phb Gading Kirana memiliki panjang 216 meter. Sementara yang rusak sepanjang 180 meter dan terbagi menjadi empat titik.

“Perbaikan sudah jalan seminggu. Perbaikan diperkirakan butuh waktu dua bulan. Total ada 20 petugas yang bekerja setiap hari,” ucap Rukmana, Jumat (15/2/2019).

Butuh waktu dua bulan perbaikan.
Butuh waktu dua bulan perbaikan. (Warta Kota/Junianto Hamonangan)

Perbaikan turap dilakukan terlebih dahulu dengan membuat pondasi menggunakan cerucuk dolken. Setelah itu dilakukan pembesian horisontal yang diikat pembesian vertikal, per jarang tiga meter pada bagian atas dan bawah.

“Per jarak tiga meter ada suling-suling, setiap tiga meter ada lima suling-suling. Turap kan roboh karena tekanan air, ada jalan keluar air,” katanya.

Rukmana menambahkan sejauh ini pihaknya tidak mengalami kendala terkait perbaikan turap. Sementara itu nantinya turap saluran Phb Gading Kirana akan memiliki ukuran ketinggian tiga meter.

Sementara itu saat disinggung terkait mengenai penyebab ambrolnya turap, Rukmana mengatakan hal tersebut diakibatkan hujan deras yang terjsdi beberapa waktu lalu serta faktor pendukung lainnya.

“Air resapan mendorong sehingga turap ambrol. Ditambah lagi itu panel beton, bukan turap, sudah lama. Nggak ada suling-suling juga, air nggak lewat,” katanya.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved