Valentine Tidak Berimbas pada Peminat Buket dan Bunga Satuan

Penjualan buket maupun bunga satuan di sejumlah sentra bunga Ibu Kota masih sepi pembeli.

Valentine Tidak Berimbas pada Peminat Buket dan Bunga Satuan
Warta Kota/Dwi Rizki
Kondisi sepi tersebut terlihat di kawasan penjualan bunga di Jalan Raya Pondok Gede, tepatnya depan SPBU Gorda, Cipayung, Jakarta Timur. Jejeran toko bunga serta karangan bunga itu masih terlihat lengang. 

Hari raya kasih sayang yang jatuh pada hari ini, Kamis (14/2/2019), rupanya tidak seindah tahun-tahun sebelumnya.

Penjualan buket maupun bunga satuan di sejumlah sentra bunga Ibu Kota masih sepi pembeli.

Kondisi tersebut seperti yang terlihat di kawasan penjualan bunga di Jalan Raya Pondok Gede, tepatnya depan SPBU Gorda, Cipayung, Jakarta Timur.

Jejeran toko bunga serta karangan bunga itu masih terlihat lengang.

Wandi (36) pegawai Flamboyan Florist mengaku belum mendapatkan pesanan khusus hari valentine. Bunga satuan yang dibungkusnya dengan plastik bening pun katanya hanya laku beberapa batang saja.

"Masih nggak terlalu rame, kalau tahun-tahun lalu sih lumayan, ada aja yang beli. Anak-anak sekolah sih kebanyakan yang beli," ungkapnya ditemui di tokonya pada Kamis (14/2/2019).

Oleh karena itu, harga bunga satuan pun disesuaikan dengan harga kantong para pelajar. Bunga mawar putih dan mawar merah lokal dipatoknya seharga Rp 20.000 per batang, sedangkan bunga mawar impor beragam warna dipatoknya seharga Rp 30.000 per batang.

Alasan kedua bunga tersebut berbeda harga diungkapkannya karena waktu ketahanan bunga. Bunga mawar lokal katanya hanya sanggup bertahan selama seminggu, sementara bunga mawar impor mampu bertahan hingga dua minggu lebih.

"Itu sama-sama dicelup air ya, nggak tahu kenapa bisa tahan lama yang jenis (mawar) impor. Padahal ditanamnya sama di daerah Bandung juga," ungkapnya.

Bukan hanya penjual bunga di kawasan Cipayung, sepinya pembeli juga dirasakan sejumlah pengusaha buket dan karangan bunga di kawasan Jalan Darmawangsa XI, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Seperti yang diungkapkan oleh Dany, pegawai Fania Florist di Jalan Darmawangsa XI Nomor 18.

Halaman
12
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved