Moeldoko Bilang Demonstran yang Adang Rombongan Presiden Sudah Pernah Diterima Jokowi di Istana

Mantan Panglima TNI ini juga menganggap banyak kelompok yang memanfaatkan situasi di Pilpres 2019.

Editor: Yaspen Martinus
ISTIMEWA
Situasi di Taman Pandang saat rombongan Presiden diadang pengunjuk rasa, Rabu (13/2/2019) malam. 

KEPALA Staf Kepresidenan Moeldoko angkat bicara soal massa Serikat Pekerja Awak Mobil Tangki Pertamina yang bverunjuk rasa berhari-hari, dan sempat mengadang laju mobil rombongan Presiden Jokowi, Rabu (13/2/2019) malam.

Menurutnya, aksi para pendemo itu salah sasaran, karena seharusnya mereka menuntut perusahaan vendor tempat perusahaan mereka bekerja, soal nasib mereka yang dipecat kerja secara ‎sepihak.

"‎Menurut saya salah sasaran, jangan semuanya ke Presiden. Beberapa hari yang lalu dari mereka sudah diterima oleh Presiden. Jadi harus diluruskan dulu nih persoalannya. Bahwa sopir-sopir ini adalah dari vendor dari outsourcing, tidak langsung di bawah Pertamina," ucap Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (14/2/2019).

Begini Kronologi Rombongan Presiden Diadang di Taman Pandang Istana, Lima Orang Sempat Pingsan

Moeldoko mengaku sudah memanggil Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga Nina Sulistyowati, untuk menjelaskan duduk persoalan serta tuntutan para pendemo. Hasilnya, dari penjelasan Pertamina Patra Niaga, ternyata mereka tidak berada di bawah Pertamina Patra Niaga, melainkan merupakan pekerja dari vendor.

‎"Mereka ini di bawah vendor, sehingga sengguhnya kalau dia menuntut, menuntut ke vendor. Menuntut ke Pertamina Patra Niaga tidak masuk akal, kan enggak logis. Jadi memang enggak ketemu," jelasnya.

Tidak sampai di situ, mantan Panglima TNI ini juga menganggap banyak kelompok yang memanfaatkan situasi di Pilpres 2019, dengan menuntut beragam penyelesaian kepada Presiden Jokowi.

Fadli Zon Senang Jokowi Terus Serang Prabowo, Katanya Sudah Desperate dan Pertanda Kekalahan

"Jadi situasinya seperti itu. Hampir semua yang saya lihat, demo‎-demo ini memanfaatkan situasi. Dalam situasi seperti ini semuanya memunculkan dirinya untuk mendapatkan respons dari Pak Presiden.

Sebelumnya, iring-iringan mobil Presiden Joko Widodo sempat diadang pengunjuk rasa dari Serikat Pekerja Awak Mobil Tangki (SP-AMT).

Konvoi mobil Presiden Jokowi diadang pendemo depan Istana Merdeka atau di dekat Taman Pandang Istana, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, pada Rabu (13/2/2019) malam.

Jika Menang Pilpres 2019, Prabowo Bakal Tawari Jokowi-Maruf Amin Jadi Dewan Pertimbangan Presiden

Insiden itu bermula saat rombongan mobil presiden melintas di dekat Taman Pandang, kawasan Monas, Jakarta Pusat, pukul 18.54 WIB.

Pengunjuk rasa dari SP-AMT menerobos iring-iringan mobil Jokowi yang dijaga Paspampres. Salah seorang istri dari pengunjuk rasa SP-AMT berhasil menemui Jokowi dan berbincang dengan presiden yang berada di dalam mobil.

Namun, demonstran lain tidak berhasil mendekati mobil RI 1 karena diadang oleh petugas kepolisian dan Paspampres bersenjata lengkap.

Viral! Petugas Dishub Bekasi Nyaris Adu Jotos dengan Pemilik Mobil yang Parkir Sembarangan

Iring-iringan rombongan Presiden diadang dan sempat tertahan sekitar 15-20 menit akibat aksi nekat para demonstran yang kecewa.

Insiden itu mengakibatkan lima demonstran pingsan dan satu di antaranya dibawa menggunakan mobil massa menuju depo Pertamina di Plumpang Jakarta Timur.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved