Komunitas Jagat Mengaji Perbaiki Menara Masjid Jakarta Islamic Centre yang Miring

MENARA Masjid Jakarta Islamic Centre (JIC), Koja, Jakarta Utara yang selama ini miring, akhirnya berhasil diperbaiki.

Komunitas Jagat Mengaji Perbaiki Menara Masjid Jakarta Islamic Centre yang Miring
WARTA KOTA/JUNIANTO HAMONANGAN
Menara Masjid Jakarta Islamic Centre (JIC), Koja, Jakarta Utara, yang selama ini miring, akhirnya berhasil diperbaiki. 

MENARA Masjid Jakarta Islamic Centre (JIC), Koja, Jakarta Utara yang selama ini miring, akhirnya berhasil diperbaiki.

Perbaikan menara yang miring akibat korosi itu berhasil diperbaiki oleh Komunitas Jagat Mengaji.

Ketua Komunitas Jagat Mengaji Rezky Pratama mengatakan, perbaikan tersebut bermula saat pihaknya melaksanakan kegiatan takblig akbar di JIC. Ketika itu ada rasa prihatin dan takut melihat menara Masjid JIC miring.

Jawab Tudingan Prabowo Subianto Soal Kebocoran Anggaran, Jokowi: Bocor! Bocor! Bocor!

“Maka kami mufakat untuk membantu bagaimana agar menara tersebut bagus lagi. Kebetulan di komunitas kami mempunyai ahli dibidangnya setuju untuk membantu,” ungkap Rezky, Kamis (14/2/2019).

Penggalangan dana lalu dilakukan melalui media sosial Facebook, Twitter, Instagram, dan Youtube. Pendanaan juga patungan dari komunitas, dana talangan, hingga donasi melalui medsos ke rekening Yayasan Jagat Mengaji dan lainnya.

“Setelah selesai memperbaiki menara masjid, kita juga bantu perbaikan kubah masjid JIC yang bocor di beberapa titik yang harus segera diperbaiki, agar jamaah bisa nyaman dalam ibadah, terutama ketika hujan turun,” ucapnya.

Jelang Hari Dilan, Ridwan Kamil Janjikan Bangun Taman Dilan di Bandung

Kepala Badan Manajemen Jakarta Islamic Centre KH Ahmad Shodri menyambut baik perbaikan menara masjid yang selama ini miring. Sehingga, jemaah dan warga sekitar tidak lagi resah dengan kondisi menara masjid tersebut.

“Kami sangat berterima kasih atas kepedulian dan bantuan dari Komunitas Jagat Mengaji. Berkat bantuannya, menara bisa bagus lagi sehingga keamanan dan kenyamanan jamaah terjamin,” ucapnya.

Kepala Sekretariat Jakarta Islamic Centre Ahmad Juhandi mengatakan, ujung menara masjid atau disebut makara miring karena mengalami korosi pada tiang penyangga. Sehingga, makara tidak bisa tegak dan jika dilihat dari bawah seperti miring.

Jokowi Salah Sebut Jumlah Outlet Sang Pisang, Kaesang Pangarep Koreksi Lewat Twitter

“Ada delapan tiang penyangga makara dan empat tiang mengalami korosi, sedangkan yang masih kokoh hanya dua tiang. Kasus ini sudah terjadi sejak bulan Februari 2018,” ungkapnya.

Ahmad menjelaskan, pihaknya sudah melaporkan kepada pihak terkait agar makara yang rusak bisa segera diperbaiki agar tidak membahayakan orang yang berada di bawah. Namun, upaya penganggaran yang sudah dilakukan mengalami berbagai kendala. (*)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved