Buruh Bangunan Curi Uang Rp 25 Juta dan Cincin Berlian, Lalu Beli Jaket dan Sandal Jepit

SEORANG pria mencuri uang di rumah yang ia renovasi, di Kompleks DPR RI Blok A/42 RT 14/01, Joglo, Kembangan, Jakarta Barat.

Buruh Bangunan Curi Uang Rp 25 Juta dan Cincin Berlian, Lalu Beli Jaket dan Sandal Jepit
Dok Polres Metro Jakarta Barat
IN (40) mencuri uang di rumah yang ia renovasi, di Kompleks DPR RI Blok A/42 RT 14/01, Joglo, Kembangan, Jakarta Barat. 

SEORANG buruh bangunan mencuri uang di rumah yang ia renovasi, di Kompleks DPR RI Blok A/42 RT 14/01, Joglo, Kembangan, Jakarta Barat.

Pelaku berinisial IN (40) bekerja sebagai buruh bangunan di rumah korban bernama Purnawati. Saat itu, ia diminta mengecat rumah korban.

Kapolsek Kembangan Jakarta Barat Kompol Joko Handono mengatakan, peristiwa tersebut terjadi ketika IN diminta mengecat rumah korban pada Senin (11/2/2019). Saat itu, Purnawati menitipkan rumahnya kepada pelaku untuk pergi membeli obat di Puskesmas.

Jokowi Ungkap Kaesang Pangarep Kini Mulai Merambah ke Bisnis Ikan Lele

"Ya di rumah hanya tinggal pelaku seorang diri yang saat itu disuruh untuk mengecat kusen rumahnya korban," kata Kompol Joko, Kamis (14/2/2019).

Melihat kondisi rumah sepi, akal jahat IN pun muncul. Ia lantas mulai masuk ke kamar korban. Saat itu ia berupaya mengambil sejumlah harta benda, hingga akhirnya penasaran dengan isi dalam lemari korban.

Saat dibuka paksa menggunakan linggis, pelaku kaget melihat segepok uang milik korban yang ada di lemari.

Dua WNI Dimutilasi di Malaysia, Ini Lima Faktanya

Mendapati hal itu, pelaku langsung membawa uang tersebut berserta pehiasan milik korban, dan kabur meninggalkan rumah tersebut.

"Yang diambil uang senilai Rp 25 juta dan sebuah cincin bermata berlian milik korban yang disimpan di dalam lemari," jelas Kompol Joko.

Setibanya di rumah, korban tak melihat orang yang dimintanya untuk mengecat rumah, hingga akhirnya korban mengecek kamar, dan kaget setelah mendapati lemarinya dalam keadaan rusak. Setelah diperiksa, ternyata harta bendanya raib.

Era 90-an Penuh Kenangan Bagi Ridwan Kamil, Mulai dari Diputusin Pacar Pertama Sampai Ditinggal Ayah

Setelah kejadian itu, pihaknya langsung melapor ke Polsek Kembangan. Petugas pun langsung menindaklanjuti hal tersebut, termasuk memeriksa CCTV, selanjutnya dilakukan pengejaran. Pelaku berhasil diamankan pada Rabu (13/2/2019).

"Pelaku berikut barang buktinya kita tangkap di depan Gedung Bakrie Tower Jalan Rasuna Said, Setia Budi Jakarta Selatan," kata Kanit Reskrim Polsek Kembangan Iptu Dimitri Mahendra.

Pelaku, kata Dimitri, mengakui perbuatannya. Pelaku mengaku tergiur dengan uang yang ada di dalam lemari tersebut. Bahkan, sebagian uang yang ia curi pun sudah digunakan untuk membeli sejumlah pakaian.

Gaji Guru SMP di Gresik yang Dilecehkan Siswanya Cuma Rp 450 Ribu per Bulan

"Uang hasil kejahatan digunakan oleh pelaku untuk foya-foya dan membeli sebuah jaket merek JF warna hitam abu-abu dan sepasang sandal jepit merek Converse warna hitam," ungkapnya.

Atas perbuatannya, kini pelaku diamankan di Polsek Kembangan Jakarta Barat untuk dilakukan pemeriksan lebih lanjut. Pelaku dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. (*)

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved