Tujuh RW di Jakarta Utara Jadi Percontohan untuk Kurangi Sampah Mulai dari Rumah

Ketujuh RW yang terpilih telah memenuhi sejumlah kriteria yang ditetapkan seperti ketersediaan bank sampah, pengolahan komposting, fasilitas sekolah

Tujuh RW di Jakarta Utara Jadi Percontohan untuk Kurangi Sampah Mulai dari Rumah
Warta Kota/Feryanto Hadi
ilustrasi Bank Sampah 

Pemerintah Kota Jakarta Utara menunjuk tujuh RW yang tersebar di enam kecamatan di Jakarta Utara untuk menjalankan program mengurangi volume sampah yang berasal dari sumbernya guna mendukung Kegiatan Strategis Daerah (KSD) di DKI Jakarta.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakarta Utara, Suroto mengatakan program ini sengaja mengincar lingkungan RW agar sampah yang dihasilkan dapat berkurang. Pasalnya salah satu sumber sampah yakni berasal dari rumah tangga.

“Jadi ada rencana aksi program pengurangan sampah dari sumbernya. Ini salah satu bentuk dukungan KSD,” kata Suroto, Rabu (13/2).

Program tersebut mengajak setiap keluarga untuk peduli terhadap lingkungan. Salah satunya dengan melakukan pemilahan sampah organik dan anorganik sebelum dibuang ke Tempat Penampungan Sampah Sementara (TPSS).

“Kita pilih satu kecamatan satu RW. Kecuali Kecamatan Cilincing ada dua RW. Kita ingin masyarakat tidak mengandalkan petugas kebersihan,” sambungnya.

Ketujuh RW yang terpilih telah memenuhi sejumlah kriteria yang ditetapkan seperti ketersediaan bank sampah, pengolahan komposting, fasilitas sekolah, hingga adanya kemauan warga untuk melakukan pengurangan sampah dari sumbernya. (jhs)

Berikut RW percontohan pengurangan sampah rumah tangga di Jakarta Utara:

1. RW 01 Kelurahan Sunter Jaya, Tanjung Priok
2. RW 01 Kelurahan Rorotan dan RW 11 Kelurahan Marunda, Cilincing
3. RW 04 Kelurahan Pademangan Timur, Pademangan
4. RW 03 Kelurahan Kelapa Gading Timur, Kelapa Gading
5. RW 05 Kelurahan Rawa Badak Selatan, Koja
6. RW 04 Kelurahan Penjaringan, Penjaringan

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved