Breaking News:

Ad Hoc Integritas PSSI Siapkan Berbagai Metode untuk Mencegah Pengaturan Skor

Jika ada ditemukan "sinyal" tindakan yang di luar aturan, komite akan langsung melakukan penyelidikan.

Editor: Dewi Pratiwi
Antaranews
Ketua Komite Ad Hoc Integritas PSSI Ahmad Riyadh (tengah) dan wakil ketua Azwan Karim (kiri) memberikan keterangan kepada media usai melakukan rapat koordinasi pertama komite tersebut di Jakarta, Rabu (13/2/2019). 

BEBERAPA metode pencegahan terjadinya kasus pengaturan skor maupun manipulasi pertandingan dirancang Komite Khusus (Ad Hoc) Intergritas Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Hal ini disampaikan oleh penasihat Komite Integritas PSSI Jenderal Polisi (Purn.) Badrodin Haiti usai menggelar rapat koordinasi pertama di Jakarta, Rabu (13/2/2019).

"Banyak yang bisa dilakukan untuk pencegahan. Salah satunya adalah dengan meningkatkan pengawasan terhadap semua pertandingan baik itu di Liga 1, 2 maupun 3," ujar Badrodin dikutip dari Antaranews.

Dengan demikian, Kapolri periode 2015-2016 tersebut melanjutkan, komite dapat mendeteksi kecenderungan adanya pengaturan skor atau tidak sejak awal.

Jika ada ditemukan "sinyal" tindakan yang di luar aturan, komite akan langsung melakukan penyelidikan.

Mereka akan memberikan penilaian dan rekomendasi apakah kasus itu dapat diselesaikan secara internal sepak bola atau dialihkan ke kepolisian jika ditemukan unsur pidana.

"Deteksi itu bisa melalui sistem, orang atau teknologi. Kami tegaskan bahwa kami 'zero tolerance' terhadap pelanggaran," kata dia.

Sementara Ketua Komite Integritas PSSI Ahmad Riyadh menambahkan, mereka nantinya juga akan membuka aduan langsung dari masyarakat untuk semakin mempertajam pengawasan pertandingan.

Ada Sanksi Persija Jakarta untuk Marko Simic

Dengan melibatkan publik, Ahmad berharap masyarakat dapat mendukung perbaikan sepak bola nasional.

"Kami akan umumkan bagaimana aplikasi pengaduannya," tutur Ahmad.

Keberadaan Komite Ad Hoc Integritas PSSI diresmikan pada kongres tahunan PSSI pada Januari 2019.

Halaman
12
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved