Pemilu

Syaikhu Singkirkan Suhaimi, Pengamat: Masyarakat Jabar Aja Tidak Memilih

Syaikhu menjadi kandidat Cawagub DKI Jakarta hanya mengadu nasib setelah tak terpilih sebagai Cawagub di Pilgub Jawa Barat.

Syaikhu Singkirkan Suhaimi, Pengamat: Masyarakat Jabar Aja Tidak Memilih
Tribunnews
Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto, bakal Cawagub DKI Jakarta pengganti Sandiaga Uno. 

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin heran ketika mengetahui Ahmad Syaikhu dan Agung Yuliyanto lolos dari tes uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test), sementara Abdurrahman Suhaimin tersingkirkan.

Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto, bakal Cawagub DKI Jakarta pengganti Sandiaga Uno.
Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto, bakal Cawagub DKI Jakarta pengganti Sandiaga Uno. (tribunnews)

"Bagaimanapun Suhaimi adalah Ketua Fraksi di DPRD DKI, jadi sudah memahami Jakarta. Kalau yang dua lagi (Agung dan Syaikhu) kan dari luar Jakarta," ujar Ujang saat dihubungi, Selasa (12/2/2019).

Ia menilai Syaikhu menjadi kandidat Cawagub DKI Jakarta hanya mengadu nasib setelah tak terpilih sebagai Cawagub di Pilgub Jawa Barat 2018 lalu.

"Syaikhu gak jadi Wagub Jabar, maka geser lah ke Jakarta. Masyarakat Jabar aja tidak memilih, kok di Jakarta lolos?," ungkap Ujang terheran-heran.

Meskipun maju menjadi Cawagub adalah hak siapapun, namun menurut Ujang seharusnya kesempatan itu bisa diberikan ke orang lain yang lebih pantas.

"Ini sesuatu yang janggal bagi kita walaupun itu hak Syaikhu dan Agung untuk ikut bersaing. Tapi bagi saya sesuatu yang aneh saja ketika sudah gagal, harusnya dikasih kesempatan yang lain lah," kata Ujang.

Alasan Ahmad Syaikhu Dinilai Lebih Baik Dari Agung Yulianto Gantikan Sandiaga Uno Jadi Cawagub DKI

Sementara ia tak heran kalau Agung Yuliyanto berhasil lolos karena memiliki kuasa.

Pasalnya Agung merupakan Sekretaris Umum DPW PKS DKI Jakarta, sehingga sudah memiliki kedekatan politik dengan para anggota lain.

"Saya sebenarnya tidak terlalu mengenal, tapi dia itu kan Sekum DPW PKS. Artinya bisa jadi dia di backup oleh partai, walaupun dia belum menguasai persoalan, tapi kedekatan politik ini bisa bikin dia masuk kedua besar," ungkap Ujang.

Aasan Ahmad Syaikhu lebih pantas menjadi Wagub DKI

Halaman
1234
Penulis: Anggie Lianda Putri
Editor: Gede Moenanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved