Breaking News:

Sistem Satu Arah Diterapkan di Sekitar Landmark Tower Setiabudi, Ini Pengalihan Arus Lalu Lintasnya

Sosialisasi pemberlakuan sistem satu arah meliputi sisi selatan Landmark Tower yang berada di Jalan Setia Budi Tengah.

Penulis: | Editor: Yaspen Martinus
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Pengendara melintasi jalur bus Transjakarta di Jalan Galunggung, Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (19/9/2018). 

SOSIALISASI rekayasa lalu lintas berupa pemberlakuan sistem satu arah di kawasan seputar Gedung Landmark Tower Setiabudi, tepatnya di seberang Wisma BNI 46, Setiabudi, Jakarta Selatan, mulai dilakukan pada Selasa (12/2/2019) hari ini.

Sosialisasi pemberlakuan sistem satu arah tersebut disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko, meliputi sisi selatan Landmark Tower yang berada di Jalan Setia Budi Tengah, sehingga kendaraan hanya diperbolehkan melintas dari arah timur menuju barat, atau dari arah Manggarai menuju Dukuh Atas.

Pemberlakuan sistem satu arah juga berlaku bagi kendaraan dari sisi utara Landmark Tower yang berada di Jalan Galunggung, yakni bagi kendaraan dari arah dari barat menuju timur, atau Dukuh Atas menuju Manggarai.

Taufik Sedang ke Luar Kota, Penyerahan Nama Cawagub DKI Batal Dilakukan Hari Ini

Sedangkan jalan pada sisi barat Landmark Tower dibuat satu arah dari arah selatan menuju utara, atau bundaran Landmark Tower menuju kolong Dukuh Atas. Begitu pula pada jalan pada sisi timur Landmark Tower dari arah utara menuju Selatan, atau dari bundaran Landmark Tower menuju Jalan Galunggung Raya.

Selain itu, pengendara dari simpang Galunggung atau dari sisi barat Landmark Tower, tepatnya kolong Jalan Jenderal Sudirman, dilarang belok kanan. Begitu juga pengendara dari Jalan Setiabudi Tengah di sisi timur Landmark Tower

"Sosialisasi mulai diberlakukan hari ini, penutupan jalan dari arah Jalan Jenderal Sudirman yang turun ke bawah Landmark Tower sudah ditutup. Pengguna jalan dialihkan ke jalan di depannya apabila mengarah ke Dukuh Bawah," jelasnya saat dihubungi pada Selasa (12/2/2019).

Searah Jarum Jam

Pemberlakuan sistem satu arah di seputaran Gedung Landmark Tower searah jarum jam. Sosialisasi akan digelar selama dua pekan, mulai 12 Februari hingga 26 Februari 2019 mendatang.

Selanjutnya, sistem satu arah di seputar Landmark Tower akan diberlakukan permanen pada 27 Februari 2019 mendatang.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan DKI Jakarta telah memberlakukan jalan satu arah di seputar kawasan Transit Development Oriented (TOD) Dukuh Atas yang terletak di Jalan Kendal, tepatnya di lahan bekas Pasar Blora, Menteng, Jakarta Pusat, pada akhir 2017 lalu.

Kuasa Hukum Pemprov Papua Minta Saksi Kasus Penganiayaan Pegawai KPK Diperiksa di Jayapura

Rekayasa lalu lintas berupa pemberlakuan jalan satu arah itu meliputi Jalan Tanjung Karang dan Jalan Blora menuju Jalan Kendal.

Jadi, ketiga jalan tersebut hanya dibuka bagi kendaraan yang berasal dari arah utara atau Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Rekayasa tersebut bertujuan mengoptimalkan pelayanan atas sejumlah transportasi publik, antara lain Commuter Line, TransJakarta, Kereta Bandara, Light Rail Transit (LRT), serta MRT yang bermuara di TOD Dukuh Atas. (*)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved