Tampung Masyarakat Terlantar, Pemkot Tangerang Dirikan Rumah Perlindungan Sosial

Dinas Sosial Dinas Kota Tangerang memiliki Rumah Perlindungan Sosial (RPS) yang diperuntukan bagi orang-orang terlantar.

Tampung Masyarakat Terlantar, Pemkot Tangerang Dirikan Rumah Perlindungan Sosial
Warta Kota/Andika Panduwinata
Kepala Dinsos Kota Tangerang, Masyati Yulia, saat berbincang dengan seorang lansia di Rumah Perlindungan Sosial (RPS) yang berada di samping kantor Dinsos di Neglasari, Minggu (10/2). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Andika Panduwinata

WARTA KOTA, TANGERANG - Dinas Sosial Dinas Kota Tangerang memiliki Rumah Perlindungan Sosial (RPS) yang diperuntukan bagi orang-orang terlantar. Khususnya Lanjut Usia (Lansia) di atas usia 60 tahun.

Kepala Dinsos Kota Tangerang, Masyati Yulia menjelaskan didirikannya RPS bertujuan memberikan perlindungan kepada masyarakat yang terlantar khususnya lansia.

Kehadiran RPS tersebut berfungsi sebagai tempat perlindungan bagi para manula maupun orang terlantar yang tidak memiliki keluarga atau orang yang memang kurang diurus oleh keluarganya.

“Pemkot Tangerang memiliki fasilitas RPS yang berada di samping kantor Dinsos di Neglasari,” ujar Masyati kepada Warta Kota, Minggu (10/2/2019).

Dirinya menerangkan RPS yang dimiliki Pemkot Tangerang memiliki kapasitas 40 tempat tidur.

Setiap hari penghuni RPS diberikan makan dan minum serta berbagai kegiatan.

Mulai dari keterampilan, berkebun serta kegiatan keagamaan guna mengisi waktu luang.

Sebanyak 25 lansia yang saat ini tinggal di RPS pun turut didampingi oleh pengasuh.

“RPS juga menampung masyarakat yang memiliki masalah sosial, Contohnya ada salah satu remaja yang sakit untuk sementara waktu tinggal di RPS,” ucapnya.

Wali Kota Tangerang, Arief R.Wismansyah menambahkan kehadiran RPS berfungsi sebagai tempat perlindungan bagi para manula maupun orang terlantar yang tidak memiliki keluarga atau orang yang memang kurang diurus oleh keluarganya.

Namun demikian masyarakat Kota Tangerang diharapkan tetap memberikan perhatian dan kasih sayang kepada setiap anggota keluarganya.

“Apabila menemui kejadian di wilayah di mana ada warga masyarakat yang hanya hidup sendirian terlebih dengan usia senja segera laporkan hal itu ke Dinas Sosial Kota Tangerang,” kata Arief. (dik)

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved