Aldila Sutjiadi Petik Ilmu Hadapi Petenis Tiongkok

Aldila merasa mendapat banyak pelajaran saat bertemu petenis Tiongkok yang peringkatnya jauh di atasnya.

Aldila Sutjiadi Petik Ilmu Hadapi Petenis Tiongkok
Super Ball/Feri Setiawan
Aldila Sutjiadi (paling depan) bersama Jessy Rompies (kanan), Beatrice Gumulya (kiri) dan pelatih Deddy Tedjamukti 

PETENIS putri Aldila Sutjiadi bisa mendapatkan pengalaman berharga di Piala Fed menghadapi pemain dengan peringkat tinggi.

Aldila merasa mendapat banyak pelajaran saat bertemu petenis Tiongkok yang peringkatnya jauh di atasnya.

"Pemain Tiongkok itu punya tekanan serangan yang kuat saat bermain. Kami menjadi susah mengendalikan permainan. Mereka juga bermain lebih konsisten," kata Aldila.

Aldila yang turun pada laga tunggal pertama kalah dari pemain peringkat 551 dunia Zhaoxuan Yang dalam dua set langsung 1-6, 4-6 pada pertandingan kedua pool B Indonesia menghadapi China. Tim Indonesia kalah 0-3 dari tim China.

"Ketika kami menghadapi tim Korea Selatan, kami masih sempat mendapatkan beberapa poin atas mereka. Itu berbeda dengan Tiongkok yang punya pertahanan yang rapat," kata petenis peraih medali emas Asian Games 2018 yang berpasangan dengan Christopher Rungkat itu.

Petenis Tim Fed Cup Minta Lebih Banyak Digelar Turnamen Internasional di Indonesia

Meskipun mampu bertahan pada Grup I Zona Asia Oseania setelah mengalahkan tim Thailand pada laga relegation playoff, Aldila mengatakan pengalaman menghadapi Tiongkok pada Piala Fed 2019 tidak dapat menjadi acuan pada 2020.

"Kalau pemain-pemain yang diturunkan sama seperti pada 2019, kami masih punya peluang hadapi Tiongkok di 2020. Tapi, mereka juga beberapa kali menurunkan pemain-pemain muda karena mereka punya banyak pemain dengan peringkat 100 dunia," kata Aldila yang menempati peringkat 630 dunia itu.

Tiongkok menjadi tim unggulan pada Piala Fed 2019 Grup I Zona Asia Oseania selain tim Kazakhstan yang berada di pool A.

Indonesia berhasil mencapai target untuk mempertahankan keikutsertaan dalam Piala Fed Grup I Zona Asia Oseania setelah mengalahkan Thailand dalam laga relegation play-off yang berlangsung di Astana, Kazakhstan, Sabtu (9/2/2019).

Tim putri Merah-Putih selamat dari degradasi ke Grup II Zona Asia Oseania setelah menang 2-1 atas tim Negeri Gajah Putih.

Kemenangan dalam pertandingan relegation playoff Piala Fed 2019 Grup I Zona Asia Oseania itu sekaligus mampu memperkecil selisih kedudukan Indonesia dengan Thailand menjadi 4-5 dari sebelumnya 3-5.

Editor: Dewi Pratiwi
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved