News

Jumlah Penumpang Pesawat Di Bandara Halim Perdanakusuma Menurun

Penurunan penumpang sendiri terjadi setelah berakhirnya masa libur natal dan tahun baru, tepatnya sejak tanggal 7 Januari 2019.

Jumlah Penumpang Pesawat Di Bandara Halim Perdanakusuma Menurun
Warta Kota
Bandara Halim Perdanakusuma. 

Warta Kota, Makasar -- Jumlah penumpang pesawat jalur penerbangan domestik di Bandara Halim Perdanakusuma menurun sebesar 18,38 persen sejak kenaikan harga tiket pesawat.

Bandara Halim Perdanakusuma.
Bandara Halim Perdanakusuma. (Warta Kota)

Hal itu dikatakan oleh Executive General Manager Bandara Halim Perdanakusuma Marsekal Pertama (Marsma) Pip Darmanto, setelah pihaknya membandingkan data jumlah penumpang pada periode Januari di tahun 2018 dan 2019 (apple to apple).

Berdasarkan data, tercatat jumlah penumpang di Bandara Halim Perdanakusuma pada Januari 2019 berjumlah 511.791 orang. Sedangkan tahun lalu bisa mencapai 677.026 penumpang.

"Kenaikan harga tiket pesawat cukup berpengaruh yaa terhadap jumlah penumpang disini, ada tren menurun dibanding tahun lalu," ucap Darmanto di lokasi, Jumat (8/2).

Penurunan penumpang sendiri terjadi setelah berakhirnya masa libur natal dan tahun baru, tepatnya sejak tanggal 7 Januari 2019.

"Normalnya hari biasa jumlah penumpang berkisar antara 19 ribu sampai 20 ribu orang dan saat akhir pekan bisa sampai 22 ribu hingga 25 ribu orang. Tapi sekarang hanya sekira 15 ribu sampai 16 ribu saja," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Office In Charge (OIC) Bandara Halim Perdanakusuma Erick Arrahman menuturkan, meski saat ini mengalami penurunan jumlah penumpang, namun pihaknya terus berkomitmen memberikan pelayan terbaik kepada para penumpang.

"Kami tetap berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang, seperti pembenahan ruang tunggu keberangkatan sehingga penumpang bisa menunggu dengan lebih nyaman," kata Erick.

Pantauan Warta Kota, aktivitas penumpang di sekitar terminal kedatangan dan keberangkatan di Bandara Halim Perdanakusuma tidak begitu ramai.

Tak terlihat antrean panjang yang biasanya terjadi di dekat pintu keberangkatan saat pemeriksaan tiket pesawat. Beberapa tempat duduk yang berada di ruang tunggu pun nampak kosong. Sejumlah tempat duduk bahkan digunakan oleh para porter untuk beristirahat.

Wajah mereka nampak lesu lantaran sepinya menumpang yang tiba di bandara Halim Perdanakusuma. Bahkan, terdapat pula beberapa jadwal penerbangan yang dibatalkan oleh pihak maskapai lantaran sepinya penumpang.

Hal serupa juga terjadi di parkiran kendaraan penumpang. Padahal biasanya saat akhir pekan, parkiran tersebut dipenuhi oleh kendaraan. (abs)

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved