Erupsi Gunung Karangetang Kini Tanggap Darurat, Suhu Material Awan Panas 1.200 Derajat Celcius

Pemerintah Daerah Kabupaten Siau Tagulandang Biaoa (Sitaro) telah menetapkan status tanggap darurat bencana erupsi Gunung Karangetang.

Erupsi Gunung Karangetang Kini Tanggap Darurat, Suhu Material Awan Panas 1.200 Derajat Celcius
istimewa
Material lava Gunung Karangetang tutup akses jalan. (Sutopo Purwo Nugroho) 

Pemerintah Daerah Kabupaten Siau Tagulandang Biaoa (Sitaro) telah menetapkan status tanggap darurat bencana erupsi Gunung Karangetang, sejak kemarin malam, Kamis (7/2/2019).

Sutopo Purwo Nugroho yang selaku Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), mengatakan penetapan letusan Gunung Karagetang saat ini tanggap darurat berlaku dari tanggal 6-12 Februari 2019 atau selama 7 hari.

"Penetapan ini dilihat dari situasi dan kondisi riil di lapangan, sekaligus rekomendasi dari PVMGB dan hasil rapat koordinasi antar SKPD, Kantor Pengamat Gunung Karangetang dan BNPB," jelas Sutopo Purwo Nugroho melalui pesan singkatnya, Jumat (8/2/2019).

Namun bila dipandang perlu status ini dapat ditinjau kembali sesuai kebutuhan. Menurut Sutopo Purwo Nugroho, untuk sementara ini jarak 500 meter dari aliran lava Gunung Karangetang harus disterilkan.

"Sementara ini jarak 500 meter dari aliran lava Gunung Karangetang harus disterilkan atas arahan BPBD," terang Sutopo Purwo Nugroho.

Menurut laporan koordinasi yang diinformasikan Sutopo Purwo Nugroho, jika diantaranya pihak dari Pemerintah Daerah (Pemda) setempat telah mengirimkan bantuan logistik.

Distribusi Bantuan Logistik Terganggu dan Akses Jalan Terisolir Aliran Lava

Pengiriman bantuan logistik, ditujukan ke ke Kampung Batubulan dan Kampung Beba yang terisolir disebabkan terputusnya jalan darat akibat aliran lava dan batu dari Gunung Karangetang.

Bantuan didistribusikan melalui laut, namun dikarenakan angin laut dan ombak yang besar menyulitkan kapal untuk merapat.

Kegiatan rapat koordinasi bencana letusan Gunung Karangetang ini langsung dihadiri oleh Bupati, Evangelian Sasingen, Wakil Bupati, John Heit Palandung, dan Sekretaris Daerah Kabupaten Sitaro dan instansi terkait lainnya.

Halaman
1234
Penulis: Panji Baskhara
Editor: Panji Baskhara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved