Dipha Barus Sebut RUU Permusikan Tidak Jelas Tujuannya

Musisi dan Disc Jockey Dipha Barus (33) sangat menolak Rancangan Undang Undang (RUU) Permusikan yang dinilai tidak jelas tujuannya.

Dipha Barus Sebut RUU Permusikan Tidak Jelas Tujuannya
Warta Kota/Arie Puji Waluyo
Dipha Barus 

Musisi dan Disc Jockey (DJ) Dipha Barus (33) menegaskan sangat menolak Rancangan Undang Undang (RUU) Permusikan, yang saat ini menjadi perhatian publik.

Selain mengenai pasal yang akan membuat musisi sulit untuk berekspresi dalam berkarya, pasal mengenai sertifikasi profesi pun menjadi persoalan.

"Gua ngeliat pasal sertifikasi belum jelas yang bahasanya tidak jelas mengenai tujuannya. Jadi gue agak tersontak dan menolak RUU Permusikan," kata Dipha Barus ketika ditemui disela-sela acara Nescafe Mini Concert 'Music Drip', di The Pallas SCBD, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (7/2/2019).

Meskipun Dipha sadar kalau dirinya belum lama terjun ke belantika musik Indonesia, akan tetapi Tanah Air mengalami kemajuan musik yang cukup pesat.

Pasalnya, musik yang ditekuni oleh Dipha saat ini, awalnya sedikit yang menyukainya. Akan tetapi, dengan berdatangan musisi atau DJ dari luar negeri, membuat musiknya dinikmati banyak orang.

"Kita uda musik tuh secara global uda terjadi perubahan, dan gue masih baru, gue belum terlalu lama di belantara musik Indonesia. Tapi, industri musik Indonesia sangat terbuka sekali dengan genre musik apapun," ucapnya.

"Sehingga gua menilai bahwa musik tidak bisa dibatasi untuk musisi yang mengekspresikan karyanya," tambahnya.

Lanjut Dipha, ia menginginkan kepada yang merancang RUU Permusikan, untuk berkaca diri dan membuat sebuah kebijakan yang intinya untuk musisi Indonesia.

"Semua punya cara sendiri untuk balik ke jiwanya sendiri. Mau dari berdoa, sholat, dan segala macem sebenarnya yang mau lu lakuin buat tanah tempat tinggal lu tuh harusnya ngapain?," ujar Dipha Barus. 

Penulis: Arie Puji Waluyo
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved