Artis

Dipha Barus: Menolak RUU Permusikan karena Tidak Dibutuhkan Musisi

Dipha Barus menolak RUU Permusikan karena tidak dibutuhkan dan membatasi kreativitas musis.

Dipha Barus: Menolak RUU Permusikan karena Tidak Dibutuhkan Musisi
Warta Kota/Arie Puji Waluyo
Dipha Barus 

WARTA KOTA, KEBAYORAN BARU --- Musisi dan Disc Jockey (DJ) Dipha Barus (33) menolak Rancangan Undang Undang (RUU) Permusikan karena tidak dibutuhkan.

Penolakan Dipha Barus tersebut karena ada pasal yang membuat para musisi dan pelaku seni merasa dibatasi kreativitasnya dalam berkesenian dan bermusik.

"Kalau saya jelas menolak RUU Permusikan, karena saya memilih bidang musik. Bagi gue, musik adalah tempat gue berekspresi, dan membahasakan semua pandangan gue tanpa tekanan dan tanpa ada bahasa," kata Dipha Barus.

Dia mengungkapkannya ketika ditemui disela-sela acara Nescafe Mini Concert 'Music Drip', di The Pallas SCBD, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (7/2/2019).

"Jadi ketika ditanya gua ingin berkreasi tetapi dibatasi, yang jelas gua menolak," ucapnya.

Dipha Barus mengatakan, jika kebebasan berekspresi itu melekat pada generasi muda lainnya, maka nantinya akan menelurkan karya musik untuk Indonesia.

Konflik RUU Permusikan, Jerinx SID Sindir Vlog Anji Manji Acuan Para Domba

"Gini, bukan hanya merugikan tapi untuk legasi generasi setelah kita. Kayak generasi anak-anak yang mau jadi musisi itu nantinya ada batasan. Dia pengen bebas berekspresi, karya jadi enggak ada kebebasan yang memang tertera pada Pasal 5 RUU Permusikan," ucapnya.

"Kalau memang melanggar Pasal 5 yang gua baca akan mendapatkan hukuman yang setimpal," ucapnya lagi.

Selain merasa dibatasi untuk berkarya, menurut Dipha, alasannya menolak karena ada satu poin yang membuat musisi Indonesia tidak boleh memasukkan unsur budaya barat ke dalam karyanya.

Hal itu lah yang menjadi poin utama Dipha Barus untuk menolak draf RUU Permusikan yang saat ini sudah masuk dalam Prolegnas Prioritas di DPR RI.

"Pertama, lagu gue enggak ada yang bahasa Indonesia. Kedua gue bukan berasal dari pendidikan formal, tapi gue berasal dari pendidikan otodidak, YouTube dan segala macam," ucapnya.

Anang Hermansyah Pastikan RUU Permusikan Dikaji Ulang

Bagi Dipha Barus, pasal-pasal di dalam draf RUU Permusikan tidak memiliki tujuan yang bisa membuat musisi mendapatkan perlindungan dan keuntungan.

"Sehingga menurut gua, RUU Permusikan sama sekali enggak dibutuhkan. Kalau misalnya dibilang mau direvisi, kalau saya mendukung enggak usah ada RUU atau UU Permusikan," ujar Dipha Barus.

Penulis: Arie Puji Waluyo
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved