Ini Alasan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Bandara Soetta Tolak Ratusan WNA Masuk Indonesia

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI (Tempat Pemeriksaan Imigrasi) Soekarno-Hatta, Tangerang tolak masuk 182 WNA masuk ke Indonesia

Ini Alasan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Bandara Soetta Tolak Ratusan WNA Masuk Indonesia
Warta Kota/Andika Panduwinata
Ada 182 WNA Ditolak Masuk di Bandara Soetta, Tangerang. (Warta Kota/Andika Panduwinata) 

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI (Tempat Pemeriksaan Imigrasi) Soekarno-Hatta, Tangerang telah menolak masuk 182 warga negara asing (WNA) yang akan masuk wilayah Indonesia.

Penolakan WNA tersebut selama satu bulan atau periode 4 Januari-4 Februari 2019.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Bandara Soetta, M Tamrin Satiawan menjelaskan alasan penolakan WNA tersebut sangat beragam.

Salah satunya masa berlaku paspor kurang dari 6 bulan.

"Alasan penolakannya beragam, mulai dari masuk dalam daftar penangkalan, tidak memiliki visa Rl, menggunakan dokumen keimigrasian palsu sampai dengan yang paling banyak adalah alasan karena tidak memiliki kejelasan tujuan datang ke Indonesia," ujar Satiawan di Bandara Soetta, Tangerang, Rabu (6/2/2019).

Dirinya menerangkan pada Januari 2019, pihaknya telah menolak WN India sebanyak 33 orang. Disusul WN Bangladesh di posisi kedua yakni sebanyak 28 orang.

Ini 7 Buah yang Harus Dikonsumsi dan 7 Cara Agar Lahirkan Anak Laki-laki Tampan dan Rupawan

Ini Wajah Baru Si Raja Jalanan Yamaha MX-King 150, Spesifikasi dan Harganya

Rossi-Vinales Kenalkan Yamaha MT-15 dan Yamaha New MX-King, Ini Spesifikasinya

"Setelah dilakukan pengamanan WNA, maka selanjutnya kami melakukan proses Tindakan Administrasi Keimigrasian (TAK) yakni berupa deportasi," ucapnya.

Satiawan merinci, sebanyak 47 WNA sudah dideportasi dari wilayah Indonesia. WN India menempati tempat pertama sebagai WNA yang paling banyak dideportasi, yakni sebanyak 16 orang.

"Sementara WN Irak sebanyak 6 orang. Selain TAK pada periode yang sama, kami juga sudah menangani sebanyak 2 kasus projustitia," kata Satiawan.

Selain itu, pada priode yang sama, Kantor Imigras Kelas I Khusus Soetta mencatat sebanyak 237.965 WNA yang masuk wilayah Indonesia melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Fazura Ajak Wanita Dunia Cintai Diri Sendiri Lewat Single Cant Forget Me

Bukan Hari Ini, Ahmad Dhani Dipindahkan ke Rutan Medaeng Surabaya Besok Pukul 05.00 Pagi

Kejaksaan Gagal Pindahkan Penahanan Ahmad Dhani dari Lapas Cipinang ke Surabaya

"WNA yang keluar dari wilayah Indonesia melalui Bandara Soetta sebanyak 238.995," ungkapnya.

Sedangkan untuk Warga Negara Indonesia (WNI) yang masuk melalui Bandara Soekarno-Hatta pada periode 4 Januari - 4 Februari sebanyak 476.938 dan yang keluar sebanyak 425.500.

"Hal ini menunjukkan bahwa kami serius dalam menegakkan kedaulatan negara melalui pengawasan dan penindakan terhadap orang asing yang melanggar ketentuan," papar Satiawan.

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Panji Baskhara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved