News

Angka DBD Tinggi, Kelurahan Manggarai Selatan Gelar Grebek PSN

Kegiatan hari ini sesuai dengan kesepakatan kita kemarin, kita melaksanakan PSN serentak di seluruh RW di tujuh kelurahan di Kecamatan Tebet.

Angka DBD Tinggi, Kelurahan Manggarai Selatan Gelar Grebek PSN
Warta Kota
Kelurahan Manggarai Selatan. 

Untuk mengantisipasi mewabahnya demam berdarah, ratusan masyarakat melakukan Grebek Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di RT 4, 5, 6, dan 7/ RW 9 Kelurahan Manggarai Selatan, Rabu (6/2/2019).

Kelurahan Manggarai Selatan.
Kelurahan Manggarai Selatan. (Warta Kota)

Camat Tebet Mahludin yang memimpin aksi itu mendatangi rumah-rumah warga, dan mengecek langsung beberapa tempat yang diduga menjadi sarang nyamuk, seperti genangan air di ban bekas, tampungan pembuangan air kulkas, bak penyimpanan air, talang air.

"Kegiatan hari ini sesuai dengan kesepakatan kita kemarin, kita melaksanakan PSN serentak di seluruh RW di tujuh kelurahan di Kecamatan Tebet," ujarnya.

Mahludin mengungkapkan, kegiatan Grebek PSN ini akan dilaksanakan setiap seminggu sekali. "Mungkin minggu depan kita mulai tiap Selasa, karena Rabu ada PSN khusus yang dilakukan ke tujuh tatanan. Pada Jumat juga dilakukan monitoring PSN," terangnya.

Terkait hasil Gerebek PSN, ia mengungkapkan hasilnya cukup menggembirakan, meski masih ditemui adanya jentik nyamuk.

"Jentik nyamuk ditemukan di tempat-tempat penampungan yang mungkin selama ini tidak terdeteksi, misalnya botol bekas air mineral yang ada di luar dan beberapa tempat kita temui," tutur Mahludin.

Dalam kesempatan tersebut, Mahludin berharap kepada masyarakat, untuk melaksanakan PSN secara mandiri. Minimal di rumah sendiri untuk membersihkan tempat potensi bersarangnya jentik nyamuk.

"Kita juga mengimbau melalui ketua RT dan RW untuk mengajak dan menggugah masyarakat,untuk sama-sama memberantas sarang nyamuk dengan 3M. Ini merupakan cara yang paling efektif," ucapnya.

Sementara Lurah Manggarai Selatan Agung Maolana, menambahkan, kegiatan PSN hari ini melibatkan masyarakat, ketua RT dan RW, hingga Lembaga Masyarakat Kelurahan (LMK).

"Selain PSN khusus dan gerebek PSN secara serentak, ada juga kegiatan PSN yang dilakukan rutin yaitu empat kali dalam seminggu," ujarnya.

Agung menerangkan, untuk PSN khusus dilakukan di tujuh tatanan seperti sarana pendidikan, gedung kantor, pemakaman, rumah sakit, dan lainnya. "Untuk kader Jumantik seminggu empat kali melaksanakan PSN, dengan begitu, kegiatan PSN dilakukan setiap hari," jelasnya.

Ketua RW 9 Suyatno, menyambut baik program dari pemerintah tersebut. Dirinya pun berharap agar program PSN ini bisa berjalan dengan baik.

"Mudah-mudahan dengan sosialisasi dari pak camat dan pak lurah serta jajarannya bisa dipahami seluruh masyarakat. Bila berjalan dengan baik, maka diharapkan dapat tercipta kesehatan jasmani dan rohani. Karena kebersihan adalah pangkal kesehatan," tuturnya.

Solihin warga RT 6/ RW 9, mengungkapkan, kegiatan PSN ini sangat membantu warga untuk mengantisipasi demam berdarah.

"Mengontrol jentik nyamuk bersarang di kamar mandi, pembuangan air di kulkas. Saya juga menyampaikan ucapan terima kasih, karena camat tebettelah memberikan perhatiannya dengan melakukan peninjauan langsung," pungkasnya.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved