Agum Gumelar: Soekarnois Bukan PKI

Agum Gumelar mengawali cerita saat dipanggil Benny Moerdani ke rumahnya sekira pukul 22.00 WIB.

Agum Gumelar: Soekarnois Bukan PKI
Kompas
Agum Gumelar 

MANTAN Danjen Kopassus Jenderal (purn) TNI Agum Gumelar menceritakan kisahnya saat masih berpangkat kapten, dan bertugas di satuan Komando Operasi Pemulihan Keamanan dan Ketertiban (Kopkamtib) pada 1974 silam.

Ia menceritakan pengalamannya saat ditugasi atasannya waktu itu, Komandan Satgas Intel Kopkamtib Brigjen TNI Benny Moerdani untuk menyelidiki seorang Mayor Jenderal Polisi yang dicurigai terlibat G 30 S PKI dan seorang komunis.

Ia menceritakan hal tersebut di depan ratusan warga Kompleks Cijantung, Jakarta Timur, yang mengatasnamakan dirinya Putra Putri Cijantung, di Restoran Rumpun Bambu, Jakarta Timur, Selasa (5/2/2019).

Ahoker Ini Menangis Berhari-hari Hingga Tinggalkan Jakarta Saat Ahok Divonis Dua Tahun Penjara

Ratusan warga kompleks Cijantung tersebut berkumpul untuk mendeklarasikan dukungannya kepada paslon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Maruf Amin

Agum Gumelar mengawali cerita saat dipanggil Benny Moerdani ke rumahnya sekira pukul 22.00 WIB.

"Gum sini, Gum. Gum, aku kasih misi sama kau. Coba kau dalami. Ada seorang Mayor Jenderal Polisi. Saya tidak usah sebut namanya. Coba kau selidiki dia. Dalami dia. Apa dia terlibat G 30 S PKI atau tidak. Apakah dia PKI atau bukan," ungkap Agum Gumelar menirukan perkataan Benny Moerdani malam itu.

Pria di Tangerang Bunuh Diri Minum Arsenik, Sempat Kirim Foto Sebelum Akhiri Hidup

Ia pun menerima tugas tersebut dari atasannya. Setelah menerima tugas tersebut, Benny Moerdani kemudian bertanya kepadanya.

"Gum, apa yang di benak kamu setelah kamu dapat perintah seperti itu?" kata Agum Gumelar menirukan pertanyaan Benny Moerdani.

Ia pun menjawab akan menganalisa tugasnya terlebih dahulu. Namiun, Benny Moerdani tampak kurang puas dengan jawaban Agum Gumelar dan menanyakan jawaban lainnya.

Masyarakat Tak Lagi Cari Rumah di Pondok Indah dan Kemang, Bekasi Kini Paling Diminati

"Waktu itu saya bilang begini. Dalam menjalankan tugas ini, misi ini, kriteria keberhasilan saya adalah apabila saya bisa membuktikan apakah dia terlibat, apakah dia PKI apa bukan? Jadi di benak saya tidak ada arahan supaya dia merah. Keberhasilan tugas saya adalah jika saya bisa membuktikan apabila merah dengan segala buktinya, atau dia putih. Pak Benny tepuk bahu saya," beber Agum Gumelar menirukan ucapannya pada malam itu.

Halaman
123
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved