Gerhana Matahari Berpengaruh Terhadap Ibu Hamil, Itu Hoaks atau Fakta?

Gerhana matahari tidak memancarkan radiasi yang berbeda dari pada radiasi matahari. Pada gerhana matahari total radiasinya tertutup oleh bulan.

Gerhana Matahari Berpengaruh Terhadap Ibu Hamil, Itu Hoaks atau Fakta?
Thinkstock/Jaengpeng
ILUSTRASI Ibu hamil 

Pengaruh Gerhana Matahari Terhadap Ibu Hamil. Ibu hamil dilarang nonton gerhana karena bahaya. Saat gerhana matahari, ibu hamil harus bersembunyi di kolong tempat tidur. Ibu hamil tidak boleh keluar rumah saat gerhana. Itu semua hoaks atau fakta?

SAAT terjadinya fenomena alam Gerhana Matahari beberapa waktu lalu, beredar informasi melalui media sosial yang mengingatkan agar ibu hamil tidak menonton fenomena alam itu dengan alasan akan terkena radiasi dan mempengaruhi kandungan.

Klaim    : Bahwa Ibu hamil dilarang nonton gerhana karena bahaya. Saat gerhana matahari, ibu hamil harus bersembunyi di kolong tempat tidur agar anak yang ada dalam kandungan tidak belang seperti gerhana yang hitam. Ibu hamil juga tidak boleh keluar rumah karena berbahaya terkena pancaran gerhana.

Rating   : Salah/Misinformasi 

Penjelasan :
Dari penelusuran Subdit Pengendalian Konten Internet Kementerian Komunikasi dan Informatika, mengutip dari media, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin menegaskan, tidak ada hubungan antara gerhana dengan ibu hamil atau sinar matahari yang berbahaya saat gerhana.

Thomas Djamaluddin mengatakan, gerhana matahari tidak memancarkan radiasi yang berbeda dari pada radiasi yang ada pada matahari. 

Pada gerhana matahari total radiasi matahari tertutup oleh bulan dan tidak berbahaya. (Antara)

Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved