Demam Berdarah Dengue

Wali Kota Jakarta Selatan Ajak Warga Jadi Jumantik Mandiri untuk Tekan Wabah Demam Berdarah Dengue

Wabah demam berdarah dengue harus ditangani serius baik Pemerintah Kota dan masyarakat, termasuk warga menjadi jumantik mandiri.

Warta Kota/Feryanto Hadi
Pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di Sekolah Tinggi Perikanan (STP) di Jalan Aup RT 01 RW 09, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (13/7/2018). 

WARTA KOTA, KEBAYORAN BARU --- Untuk mencegah penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD), masyarakat bisa menjadi juru pemantau jenik (jumantik) mandiri.

Hal itu dikemukakan oleh Wali Kota Jakarta Selatan Marullah kepada seluruh jajaran di Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Selatan (Jaksel) saat apel di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Senin (4/2/2019).

"Perintah saya antara lain, satu kerahkan seluruh potensi yang kita miliki untuk serius menangani ini (demam berdarah)," ujar Marullah.

Dia mengatakan, pasien-pasien yang perlu mendapatkan penanganan agar tidak ditunda sedikit pun.

"Tidak ada istilah rujukan dan lain sebagainya sehingga betul-betul serius dilakukan. Ini sudah dilakukan teman-teman saya di RSUD Pasar Minggu," katanya.

Menurutnya, keseriusan penanganan demam berdarah ini harus ditunjukkan dengan turun ke lapangan terutama bagi jajaran Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan.

Jumantik RW 06 Kelurahan Tanah Sereal Bikin Alat Perangkap Nyamuk Demam Berdarah Dengue

"Biasanya kita PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk--Red) 30 menit, saya merasa 30 menit oke di daerah tertentu, tetapi berganti ke tempat lain bagi teman-teman Sudin Kesehatan lakukan itu," ujar Marullah.

Dalam kesempatan itu, Marullah juga meminta agar dapat menyosialisasikan pola penanganan sarang nyamuk demam berdarah kepada masyarakat.

"Masing-masing RT/RW untuk dapat memiliki imbauan (penanganan demam berdarah) itu, kalau itu sudah ada tinggal diperbanyak saja," ucapnya.

"Saya minta seluruh warga masyarakat di Jakarta Selatan harus mengetahui cara-cara menangani ini dengan baik, cara-cara PSN dengan baik," tuturnya lagi.

Halaman
1234
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved