Breaking News:

RUU Permusikan

Giring Ganesha: Jangan Bikin Aturan yang Mematikan Kreativitas Musisi Tanah Air

Giring Ganesha menolah RUU Permusikan karena akan menghambat kreativitas musisi dalam melahirkan karya-karya musiknya.

Warta Kota/Arie Puji Waluyo
Giring Ganesha. 

WARTA KOTA, PALMERAH --- Giring Ganesha (35) menjadi salah satu dari musisi yang menolak  Rancangan Undang Undang (RUU) Permusikan.

Saat ini, RUU Permusikan sedang diperjuangkan oleh wakil rakyat yang juga musisi, Anang Hermansyah (49) di DPR RI.

Alasan Giring Ganesha menolak RUU Permusikan karena ada sembilan pasal yang kontroversi jika RUU Permusikan tersebut disahkan menjadi Undang-undang (UU) Permusikan nantinya.

"Kalau melihat isinya begitu, gua menolak lah," kata Giring Ganesha kepada Warta Kota, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (4/2/2019).

Vokalis grup band Nidji itu menegaskan, jika RUU itu disahkan menjadi UU Permusikan bisa mematikan kreativitas para musisi Tanah Air.

Pasalnya, ada sembilan pasal di dalam draf RUU Permusikan tersebut bisa memandulkan musisi Indonesia untuk melahirkan karya.

"Ya jangan sampai mematikan kreativitas, kemajuan pembudayaan, dan lain-lain dari musisi Indonesia saja nantinya jika memang pasal-pasal kontroversi ini tidak diubah," ucapnya.

Giring Ganesha Sebut RUU Permusikan Justru Jadi Pemersatu Musisi Indonesia

Dia mengatakan, musik merupakan seni kebudayaan yang terus menerus dikembangkan oleh musisi-musisi di Indonesia dengan perpaduan budaya Indonesia dan barat.

Menurut dia, dalam pasal-pasal kontroversi tersebut, ada satu pasal yang berbunyi musisi Indonesia tidak bisa memasukkan budaya barat dalam karya-karyanya.

"Ketika seni itu kebudayaan yang harusnya berkembang. Mungkin dengan itu (RUU Permusikan) ditekan dengan sifat hal-hal represif, agar kebudayaan kita tidak ke mana-mana malah jadinya tidak berkembang," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Arie Puji Waluyo
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved