Bukalapak dan ITB Hadirkan Laboratorium Riset Berbasis AI Pertama di Indonesia

BUKALAPAK bersama Institut Teknologi Bandung (ITB) resmi meluncurkan Bukalapak-ITB Artificial Intelligence & Cloud Computing Innovation Center.

Istimewa
Selain peluncuran Bukalapak-ITB Artificial Intelligence & Cloud Computing Innovation Center, di Aula Barat ITB, Bandung, Jumat (1/2/2019), diperkenalkan pula BukaBike, yaitu layanan peminjaman sepeda dari aplikasi Bukalapak. 

Bukalapak-ITB Artificial Intelligence & Cloud Computing Innovation Center merupakan laboratorium riset Artificial Intelligence (AI) pertama di Indonesia yang dapat memberdayakan talenta lokal untuk mengembangkan kapasitasnya di tanah air.

BUKALAPAK bersama Institut Teknologi Bandung (ITB) resmi meluncurkan Bukalapak-ITB Artificial Intelligence & Cloud Computing Innovation Center.

Laboratorium riset ini dibangun dengan tujuan menjadi pusat riset bagi mahasiswa, dosen, dan peneliti Indonesia, khususnya di ITB pada bidang kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) dan komputasi awan (Cloud Computing).

Bukalapak-ITB AI & Cloud Computing Innovation Center ini diresmikan oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak. serta disaksikan oleh Founder and CEO Bukalapak, Achmad Zaky dan Rektor Institut Teknologi Bandung, Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA bertempat di Aula Barat ITB, Bandung, Jumat (1/2/2019).

Pada momen ini, Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak. dan Achmad Zaky berkesempatan menyampaikan pandangan tentang industri riset yang bertemakan “The Critical Importance of Industry Research”.

Founder dan CEO Bukalapak Achmad Zaky mengatakan, bahwa Bukalapak-ITB Artificial Intelligence & Cloud Computing Innovation Center merupakan laboratorium riset Artificial Intelligence (AI) pertama di Indonesia yang dapat memberdayakan talenta lokal untuk mengembangkan kapasitasnya di tanah air.

Founder dan CEO Bukalapak Achmad Zaky, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof. H. Mohamad Nasir, Ak, dan Rektor Institut Teknologi Bandung Prof. Dr. Ir. Kadarsyah Suryadi, berfoto bersama dalam peluncuran Bukalapak-ITB Artificial Intelligence & Cloud Computing Innovation Center, di Aula Barat ITB, Bandung, Jumat (1/2/2019). Laboratorium riset ini dibangun dengan tujuan menjadi pusat riset bagi mahasiswa, dosen, dan peneliti Indonesia, khususnya di ITB pada bidang kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) dan komputasi awan (Cloud Computing).
Founder dan CEO Bukalapak Achmad Zaky, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof. H. Mohamad Nasir, Ak, dan Rektor Institut Teknologi Bandung Prof. Dr. Ir. Kadarsyah Suryadi, berfoto bersama dalam peluncuran Bukalapak-ITB Artificial Intelligence & Cloud Computing Innovation Center, di Aula Barat ITB, Bandung, Jumat (1/2/2019). Laboratorium riset ini dibangun dengan tujuan menjadi pusat riset bagi mahasiswa, dosen, dan peneliti Indonesia, khususnya di ITB pada bidang kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) dan komputasi awan (Cloud Computing). (Istimewa)

“Tantangan bagi kami saat ini adalah bagaimana mencari talenta teknologi di bidang AI yang dapat berkontribusi untuk Indonesia,” ungkap Achmad Zaky, dalam keterangan resminya, Jumat (1/2/2019).

Achmad Zaky menambahkan bahwa AI menjadi teknologi yang berkaitan erat dengan revolusi industri 4.0.

Bukalapak dan ITB menaruh perhatian yang sangat tinggi terhadap kemajuan industri 4.0, karena AI memiliki peran yang cukup signifikan untuk perkembangan industri dan kegiatan operasional perusahaan di masa mendatang.

“Teknologi AI saat ini telah berkontribusi banyak dalam bisnis e-commerce seperti Bukalapak. Penggunaan teknologi AI di Bukalapak sangat membantu dalam meningkatkan performa bisnis Bukalapak,” ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Mochammad Dipa
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved