Umat Wihara Dharma Bhakti Lepas Burung untuk Buang Sial

Menurut pengurus wihara, jika dibandingkan tahun lalu, Wihara mendapat lonjakan umat yang melakukan ibadah.

Umat Wihara Dharma Bhakti Lepas Burung untuk Buang Sial
Warta Kota/Joko Supriyanto
Umat wihara Dharma Bhakti melepas burung sebagai tanda membuang sial jelang perayaan Imlek 2019. (Warta Kota/Joko Supriyanto) 

WARTA KOTA - TAMAN SARI - Menjelang perayaan Imlek, 5 Februari 2019, di sejumlah lokasi wihara di DKI Jakarta mulai dipadati umat untuk melakukan ibadah.

Seperti pantauan Warta Kota di Wihara Dharma Bakti, Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat, Minggu (3/1/2019).

Warga yang akan melakukan ibadah sejak pagi hingga menjelang sore, silih berganti mendatangi Wihara Dharma Bakti. Mereka nampak kusuk beribadah.

Tidak hanya menjalankan ibadah ritual, sebagian melepaskan puluhan burung yang diyakini sebagai bentuk buang sial di hari raya Imlek ini.

Seperti yang dilakukan oleh Tion (40) salah umat yang beribadah.

Helena Indonesian Idol Jadi Gadis Shanghai di Acara Imlek

"Kalo kepercayaan kami, ini sebagai bentuk buang sial.  Jadi dengan melepas burung ini, setidaknya kesialan yang akan datang akan terbang bebas bersama burung-burung ini. Itu saja sih," kata Tion, Minggu (3/2/2019).

Menurut Tion, kehadiriannya ke Wihara Dharma Bakti adalah salah satu kegiatan rutin yang memang dilakukan pada hari minggu untuk beribadah. Meski begitu ia sangat antusias merayakan hari Imlek yang tinggal hitungan hari lagi.

"Yang kami lakukan hanya berdoa kepada luluhur dan ini memang rutin kami lakukan untuk ibadah. Nanti pada hari imlek baru kami mengikuti ibadahnya. Soal persiapan tidak ada karena memang kami ingin berdoa saja," ujarnya.

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Dewi Pratiwi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved