Uji Kosmetik Mengandung Merkuri dengan Perhiasan Emas: Hoaks atau Bukan?

POM Btidak menyarankan pengujian kandungan merkuri dalam kosmetik dilakukan dengan emas, karena belum ada bukti ilmiahnya.

Uji Kosmetik Mengandung Merkuri dengan Perhiasan Emas: Hoaks atau Bukan?
Warta Kota/adhy kelana
Ilustrasi: Perhiasan emas dan logam mulia. Beredar melalui media sosial pesan berantai yang menjelaskan tentang pengecekan kosmetik yang mengandung bahan merkuri bisa menggunakan perhiasan emas. Hoaks atau bukan? 

Uji Kosmetik Mengandung Merkuri dengan Perhiasan Emas: Hoaks atau Bukan? Itulah pesan yang beredar berantai di media sosial. Karena belum ada bukti ilmiahnya, perlu ditelusuri kebenarannya.

BELUM lama ini beredar melalui media sosial pesan berantai.

Isi pesan menjelaskan tentang pengecekan kosmetik yang mengandung bahan merkuri bisa menggunakan perhiasan emas.

Caranya, dengan digosokkan ke tangan atau kulit yang telah menggunakan bahan kosmetik yang dicurigai.

Klaim   : Perhiasan emas bisa cek kosmetik yang mengandung bahan merkuri
Rating  : Salah/Disinformasi

Penjelasan :
Penelusuran dari Tim Subdit Pengendalian Konten Internet Kementerian Komunikasi dan Informatika, mengutip dari media, Deputi II Pengawasan Bidang Obat Tradisional, Kosmetika dan Produk Komplemen Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Ondri Dwi Sampurno tidak menyarankan pengujian kandungan merkuri dalam kosmetik dilakukan dengan emas, karena belum ada bukti ilmiahnya.

Selain itu, BPOM dalam laman terkait Unit Layanan Pengaduan Konsumen juga menyampaikan bahwa untuk mengetahui ada tidaknya Hg (Merkuri) dalam suatu sediaan kosmetika tidak bisa dilakukan dengan cara menggosokkan emas ke dalam kosmetika tersebut

Tetapi, harus melalui reaksi pembentukan amalgam antara tembaga dengan Hg.

Atau, reaksi pengendapan dengan KI.

Atau dengan alat/instrumen AAS (Atomic Absorption Spectophotometer), pengujian terhadap kandungan merkuri secara akurat dilakukan di laboratorium. (Antara)

Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved