Mulai 7 Februari 2019, Jalan Jatibaru Tanah Abang Ditargetkan Steril dari Pejalan Kaki

PT Transjakarta, PT KAI, dan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), mengatur ulang alur pejalan kaki di Jalan Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Mulai 7 Februari 2019, Jalan Jatibaru Tanah Abang Ditargetkan Steril dari Pejalan Kaki
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Jalan Jatibaru akhirnya berhasil dibebaskan dari cengkeraman Pedagang Kaki Lima (PKL) yang sekian lama bercokol. 

PT Transjakarta, PT Kereta Api Indonesia (KAI), dan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), mengatur ulang alur pejalan kaki di Jalan Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Terhitung mulai 7 Februari 2019, Jalan Jatibaru steril dari pejalan kaki. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama Transjakarta Agung Wicaksono. Menurutnya, pengaturan alur pejalan kaki tersebut meliputi arus keluar masuk penumpang dari Stasiun Tanah Abang.

Sehingga, seluruh masyarakat yang akan menggunakan KRL melalui area gate di hall atas Stasiun Tanah Abang, diarahkan menggunakan akses Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) atau Skybridge Tanah Abang untuk menuju Stasiun Tanah Abang.

Pemkot Jakarta Utara Bagikan 25 Terpal untuk Korban Angin Kencang di Lagoa

Penyesuaian ini, katanya, telah dikordinasikan oleh PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) dan PT KAI melalui PT KAI Daop 1 dan PT KCI.

“Jalan Jatibaru akan dibebaskan dari orang berjalan kaki, menyeberang sembarang, penurunan, hingga penjemputan,” ungkapnya dalam siaran tertulis, Minggu (3/2/2019).

Penumpang kereta yang ingin memanfaatkan layanan Transjakarta, lanjutnya, bisa menuju halte Tanah Abang dengan akses tangga. Begitu pula sebaliknya, pelanggan Transjakarta bisa mengakses Stasiun Tanah Abang, karena keduanya saling terintegrasi.

Jokowi Salat Jumat di Masjid Agung Al-Barkah Bekasi, Jemaah Harus Lewati Metal Detector

Masyarakat juga akan menggunakan Jembatan Penyeberangan Multi Guna (JPM) di Tanah Abang yang merupakan kawasan berorientasi transit (Transit Oriented Development/TOD), hasil penataan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk aksesibilitas masing-masing.

Halte Transjakarta Tanah Abang menyediakan sejumlah layanan, antara lain Tawakal-Tanah Abang (JAK7), Tanah Abang-Kota (JAK10) , Tanah Abang-Kebayoran Lama (JAK11), Tanah Abang-Pos Pengumben-Kebayoran Lama (JAK12), dan Tanah Abang-Meruya (JAK14).

Juga, Tanah Abang-Gondangdia (1H), Tanah Abang-Blok M (1N), Stasiun Tanah Abang-Stasiun Senen (1R), Kampung Melayu-Tanah Abang (5F), Tanah Abang-Kebayoran Lama (8C), Tanah Abang-Batusari (8K), Pasar Minggu-Tanah Abang (9D), dan History of Jakarta Explorer (12E).

Hujan Deras, Kompleks Green Garden Kedoya Banjir Hingga 30 Sentimeter

"Di Tanah Abang, Transjakarta juga menyediakan layanan gratis, Tanah Abang Explorer," jelas Agung.

Halaman
12
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved