Benarkah Jantung Manusia Berhenti Berdetak saat Bersin? Mitos atau Fakta?

Benjamin S Bleier, MD, seorang ahli THT mengatakan, mitos kalau jantung berhenti berdetak saat bersin, sebetulnya ada benarnya.

Benarkah Jantung Manusia Berhenti Berdetak saat Bersin? Mitos atau Fakta?
Kompas.com
Ilustrasi: bersin. Benarkah jantung berhenti berdetak saat bersin? Mitos atau fakta? Mitos bahwa jantung berhenti berdetak saat bersin, sebetulnya ada benarnya. 

Benarkah jantung berhenti berdetak saat bersin? Mitos atau fakta? Bersin adalah semacam mekanisme pertahanan. Perilaku naluriah yang dirancang untuk membersihkan hidung. Bagaimana dengan orang yang jantungan?

KONON, saat seseorang bersin, maka jantungnya akan berhenti berdetak.

Oleh sebab itu beberapa orang diajarkan untuk mengucap bless you alias "Anda diberkati" setiap kali ada orang bersin untuk melindungi mereka dari kemungkinan meninggal dunia karena jantungnya berhenti berdetak.

Tapi, benarkah  jantung manusia berhenti berdetak saat bersin?

Bersin sebetulnya adalah semacam mekanisme pertahanan.

"Ini adalah perilaku naluriah yang dirancang untuk membersihkan hidung dari debu dan puing-puing," kata Christopher Kelly, MD, dilansir Women's Health, Jumat (1/2/2019).

7 Cara Mengelola Serangan Jantung Tanpa Membuat Anda Panik Berkepanjangan

Meningkatkan Kesadaran Akan Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Christopher Kelly, MD adalah ahli jantung dan penulis buku "Am I Dying?!: Panduan Lengkap untuk Gejala Anda -- dan Apa yang Harus Dilakukan Selanjutnya".

Pada dasarnya, ketika bagian dalam hidung teriritasi, Anda akan secara refleks menutup mata, menarik napas dalam-dalam, dan otot-otot dada memaksa udara keluar dari paru-paru dengan kecepatan tinggi, meniup melalui hidung Anda dan membersihkan apa pun yang menurut tubuh Anda tidak seharusnya ada di sana.

Benjamin S Bleier, MD, seorang ahli THT di Mass Eye and Ear di Boston, MA mengatakan, mitos kalau jantung berhenti berdetak saat bersin, sebetulnya ada benarnya.

Posisi jantung sangat dekat dengan paru-paru.

Halaman
12
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved