Bapenda Hapus Denda Pajak Dalam Rangka HUT 26 Tahun Kota Tangerang

Penghapusan denda tersebut diharapkan dapat menggenjot pendapatan asli daerah Kota Tangerang dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Bapenda Hapus Denda Pajak Dalam Rangka HUT 26 Tahun Kota Tangerang
Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
ILustrasi. Warga membeludak di loket pelayanan penunggakan pajak. 

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menghapuskan sanksi administratif (denda) Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Perkotaan dan Pedesaaan (P2) bagi warga Kota Tangerang.

Penghapusan denda PBB-P2 ini dilaksanakan dalam rangka menyambut hari jadi Kota Tangerang ke- 26 yang jatuh pada tanggal 28 Februari 2019.

"Khusus di ulang tahun kali ini, kami meluncurkan program penghapusan denda atau sanksi administratif bagi wajib pajak yang menunggak PBB-P2," ujar Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Herman Suwarman kepada Warta Kota, Jumat (1/2/2019).

"Penghapusan denda administratif tersebut efektif berlaku dari tanggal 1 Februari-31 Maret 2019," sambungnya.

Penghapusan denda tersebut, lanjut Herman, diharapkan dapat menggenjot pendapatan asli daerah Kota Tangerang dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

"Kami berharap ini dapat merangsang masyarakat untuk membayar pajak khususnya Pajak Bumi dan Bangunan," ucap Herman.

"Dengan membayar pajak berarti kita telah berkontribusi langsung dalam pembangunan Kota Tangerang," katanya.

Herman juga menerangkan bahwa pendapatan daerah dari sektor pajak khususnya PBB terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.

"Tahun lalu, ditargetkan Rp 371 miliar, Alhamdulillah bisa terealisir Rp 392 miliar lebih, dan di tahun 2019 ini kami ditargetkan sebesar Rp 425 miliar," ungkap Herman.

"Mudah-mudahan, dengan adanya program penghapusan denda administrasi pajak ini target tersebut bisa terpenuhi atau bahkan terlampaui," tambahnya.

Untuk menggenjot pendapatan daerah dari sektor PBB, terang Herman, Pemkot juga sudah bekerja sama dengan BJB, Alfamart, Indomart dan juga Kantor Pos.

"Jadi, masyarakat tidak harus datang ke kantor kita bisa langsung bayar pajak di Bank BJB atau di Alfamart, Indomart dan juga Kantor Pos terdekat," papar Herman.

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved