Warga Ingin Ada Kolam Labuh di Pulau Panggang

Salah satu usulan langsung warga yang ada saat penyelenggaraan musrenbang adalah keinginan untuk dibuatkan kolam labuh di Pulau Panggang.

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Musrenbang Pulau Panggang. 

Laporan Wartawan Warta Kota, Junianto Hamonangan

KEPULAUAN SERIBU, WARTA KOTA -- Ketiadaan kolam labuh di Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara, Kepulauan Seribu menjadi salah satu usulan prioritas dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Pulau Panggang.

Lurah Pulau Panggang Yuli Hardi mengatakan salah satu usulan langsung warga yang ada saat penyelenggaraan musrenbang adalah keinginan untuk dibuatkan kolam labuh di Pulau Panggang.

“Usulan langsung minta kolam labuh karena di Pulau Panggang belum ada satu pun kolam labuh,” katanya, Rabu (30/1).

Menurut Yuli saat ini kolam labuh di Kelurahan Pulau Panggang hanya ada di Pulau Pramuka. Sementara kebutuhan kolam labuh menjadi penting karena ada banyak jumlah nelayan di Pulau Panggang.

“Itu sudah lama diusulkan tiap musrenbang cuma selalu gagal. Alasannya prioritas kelurahan lain dulu karena di Pulau Pramuka kan sudah ada,” ucapnya.

Pada Musrenbang Kelurahan Pulau Panggang 2019 ada 13 usulan template dan 78 usulan langsung. Sementara dari 13 usulan template, ada dua usulan yang mengalami penolakan karena berbagai alasan.

“Yang satu karena salah input, pembuatan gapura pembatas RW tapi yang diusulkan kanopi dermaga. Satu lagi usulan pembuatan gorong-gorong, itu akan dilaksanakan tahun ini, jadi dihapus,” ucapnya.

Sementara itu Musrenbang Kelurahan Pulau Untung Jawa juga digelar pada saat bersamaan. Total ada 19 usulan template yang terdiri dari usulan fisik dan non fisik untuk dikerjakan pada tahun 2020 mendatang.

“Ada 19 usulan template, dari jumlah tersebut ada enam usulan fisik,” ucap Lurah Pulau Untung Jawa Ade Slamet.

Menurut Ade, usulan pembangunan fisik seperti pembangunan atau peningkatan saluran. Kebanyakan usulan tersebut terkait belum adanya fasilitas Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

“Ada juga usulan kanopi dermaga dan fasilitas lapangan olahraga voli yang sudah rusak agar bisa segera diperbaiki,” tuturnya. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved