Krisis Venezuela

Krisis Venezuela, Pemimpin Oposisi Klaim Sudah Bertemu Militer secara Rahasia

PEMIMPIN oposisi Venezuela Juan Guaido mengklaim telah menjalin pertemuan secara rahasia dengan militer.

Krisis Venezuela, Pemimpin Oposisi Klaim Sudah Bertemu Militer secara Rahasia
Carlos Garcia Rawlins/Reuters via yahoo.com
PEMIMPIN oposisi Venezuela Juan Guaido yang mengklaim sebagap presiden sementara negara itu, didampingi istrinya, Fabiana Rosales, berbicara kepada media setelah Misa Kudus di Caracas, Venezuela, Minggu (27/1/2019). 

"Penarikan dukungan militer dari Tuan Maduro merupakan langkah krusial demi terciptanya perubahan dalam tubuh pemerintahan."

PEMIMPIN oposisi Venezuela Juan Guaido mengklaim telah menjalin pertemuan secara rahasia dengan militer.

Dalam opininya yang dipublikasikan oleh New York Times, Juan Guaido pemimpin oposisi Venezuela mengatakan, pertemuan itu merupakan bagian dari upaya transisi pemerintahan yang dilakukan pihaknya.

Diwartakan BBC Kamis (31/1/2019), krisis Venezuela terjadi setelah Presiden Nicolas Maduro memulai periode keduanya.

"Penarikan dukungan militer dari Tuan Maduro merupakan langkah krusial demi terciptanya perubahan dalam tubuh pemerintahan," tulis Guaido.

"Mayoritas dari para personel militer itu sepakat bahwa kesulitan yang tengah terjadi di Venezuela sudah tidak bisa diterima," lanjutnya.

Pesawat Penumpang Rusia Tertangkap Kamera Parkir di Bandara Venezuela, Ada Apa?

Donald Trump Siapkan Opsi Militer ke Venezuela untuk Jungkalkan Presiden Nicolas Maduro

PESAWAT Boeing 777 milik maskapai penerbangan Rusia, Nordwind Airlines. Pesawat jenis ini terlihat di bandara Simon Bolivar, Caracas, Venezuela.
PESAWAT Boeing 777 milik maskapai penerbangan Rusia, Nordwind Airlines. Pesawat jenis ini terlihat di bandara Simon Bolivar, Caracas, Venezuela. (nordwindairlines.ru)

Guaido menulis kelompok oposisi telah menawarkan amnesti kepada setiap prajurit yang bersedia membelot bahwa mereka tidak melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Sebagai Ketua Dewan Nasional, Guaido menyatakan secara konstitusi dia berhak menjabat sebagai presiden sementara jika rezim yang berkuasa dianggap tidak sah.

Opini Guaido itu terjadi setelah muncul aksi unjuk rasa untuk mendongkel pemerintahan Maduro.

Kepada harian Rusia RIA Novosti, Maduro berkata dia siap menggelar negosiasi dengan oposisi.

JUAN Guaido, pemimpin oposisi Venezuela yang mendeklarasikan diri sebagai presiden negara itu dan menuntut diadakannya pemilu.
JUAN Guaido, pemimpin oposisi Venezuela yang mendeklarasikan diri sebagai presiden negara itu dan menuntut diadakannya pemilu. (AFP/Getty Images/mprnews.org)
Halaman
12
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved