Krisis Venezuela

Pesawat Penumpang Rusia Tertangkap Kamera Parkir di Bandara Venezuela, Ada Apa?

SEBUAH pesawat penumpang Boeing 777 milik maskapai Rusia tertangkap kamera berada di Bandara Caracas. Berbagai dugaan pun bermunculan.

Pesawat Penumpang Rusia Tertangkap Kamera Parkir di Bandara Venezuela, Ada Apa?
nordwindairlines.ru
PESAWAT Boeing 777 milik maskapai penerbangan Rusia, Nordwind Airlines. Pesawat jenis ini terlihat di bandara Simon Bolivar, Caracas, Venezuela. 

Parkirnya pesawat milik maskapai Rusia itu memunculkan berbagai dugaan, maulai dari pesawat itu akan digunakan untuk membawa tentara bayaran, akan membawa Maduro ke pengasingan, hingga disiapkan untuk mengangkut emas negara.

SEBUAH pesawat penumpang Boeing 777 milik maskapai Rusia tertangkap kamera berada di Bandara Caracas.

Pemandangan yang tak biasa itu pun langsung dikait-kaitkan dengan dukungan Presiden Rusia Vladimir Putin terhadap Pemimpin Venezuela yang dikecam banyak negara, Nicolas Maduro.

Pesawat berkapasitas 400 penumpang tersebut adalah milik Nordwind Airlines, dan terlihat terparkir di Bandara Simon Bolivar di Caracas.

Menurut data pelacakan penerbangan yang tersedia untuk publik, pesawat tersebut belum pernah mendarat di Caracas sebelumnya.

Pun demikian dengan maskapai Nordwind Airlines maupun penerbangan komersial lainnya yang tidak memiliki rute penerbangan langsung dari Moskwa ke Caracas.

Donald Trump Siapkan Opsi Militer ke Venezuela untuk Jungkalkan Presiden Nicolas Maduro

Dukung Oposisi, Atase Militer Venezuela Ini Membelot dari Presiden Nicolas Maduro

Jose Luis Silva berbicara di Kedutaan Besar Venezuela di Washington DC, Amerika Serikat.
Jose Luis Silva berbicara di Kedutaan Besar Venezuela di Washington DC, Amerika Serikat. (J Roberts/Reuters via dw.com)

Pihak Nordwind Airlines maupun Pemerintah Venezuela tidak segera memberikan tanggapan soal keberadaan pesawat penumpang Rusia itu di Caracas.

Berbagai teori dan dugaan pun muncul di media sosial, mulai dari pesawat yang digunakan untuk membawa tentara bayaran, akan membawa Maduro ke pengasingan, hingga disiapkan untuk mengangkut emas negara.

Ikuti 4 Negara Lainnya, Australia Akui Pemimpin Oposisi Juan Guaido sebagai Pemimpin Venezuela

Pamerkan Kesetiaan Militer Venezuela, Nicolas Maduro Bersiap Gelar Latihan Perang Terbesar

PRESIDEN Venezuela Nicolas Maduro ketika menaiki tank amfibi dalam inspeksi militer di tengah krisis yang terjadi di negaranya.
PRESIDEN Venezuela Nicolas Maduro ketika menaiki tank amfibi dalam inspeksi militer di tengah krisis yang terjadi di negaranya. (Istana Miraflore/Reuters via Kompas.com)

Walau demikian, tidak ada satupun dari dugaan tersebut yang didasari bukti, dan hanya sebatas spekulasi berdasarkan perkembangan situasi politik yang sedang memanas di negara itu.

Reuters memberitakan pekan lalu, bahwa kontraktor militer swasta yang melakukan misi rahasia untuk Rusia telah terbang ke Venezuela untuk memperkuat keamanan Maduro yang sedang menghadapi massa protes dari pendukung oposisi.

Surat kabar Rusia, Novaya Gazetta melaporkan bahwa pesawat tersebut hanya membawa dua kru dan tanpa penumpang.

Seorang anggota parlemen Venezuela, Jose Guerra, pada Selasa (29/1/2019), membuat pernyataan yang mengejutkan di akun Twitter-nya, dengan menyebut kedatangan pesawat Rusia itu bertujuan untuk mengangkut 20 ton emas dari bank sentral negara.

Namun saat diminta menunjukkan buktinya, Guerra hanya mengatakan bahwa dirinya mendapat informasi dari seorang kenalan.

Sebuah informasi dari sumber yang diklaim memiliki pengetahuan langsung tentang masalah ini bahkan mengatakan gubernur bank sentral Venezuela telah menyisihkan 20 ton emas bernilai sekitar 840 juta dollar AS (sekitar Rp 11,8 triliun), untuk diangkut. (Agni Vidya Perdana)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pesawat Penumpang Rusia Tertangkap Kamera di Bandara Venezuela"

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved