Lewat Video, China Pamerkan Rudal Balistik yang Bisa Hantam Wilayah AS

CHINA dilaporkan merilis rudal balistik generasi barunya yang disebut bisa menghantam wilayah Amerika Serikat (AS).

Lewat Video, China Pamerkan Rudal Balistik yang Bisa Hantam Wilayah AS
globalsecurity.org
RUDAL Balistik Dongfeng 26 atau DF-26 milik China 

CHINA dilaporkan merilis rudal balistik generasi barunya yang disebut bisa menghantam wilayah Amerika Serikat ( AS).

Diwartakan SCMP Senin (28/1/2019), Pasukan Roket Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) memamerkan satu rudal generasi baru Dongfeng-26 atau DF-26.

Video tersebut dirilis oleh media pemerintah CCTV di tengah rivalitas militer antara AS dengan China yang semakin intensif.

2020, Rudal Hipersonik China Akan Mampu Tenggelamkan Kapal Induk AS

Empat pengatur penerbangan mirip sirip terlihat di dekat hidung rudal dalam latihan yang dilaporkan berlangsung di kawasan barat laut China.

Analis menyatakan empat pengatur terbang itu berfungsi memberi stabilitas yang lebih baik kepada rudal ketika menyerang target bergerak, seperti kapal induk AS.

Rudal itu dilaporkan bisa menempuh jarak 3.000-5.741 km, dan mendapat julukan "Guam Killer" karena bisa menghantam Pulau Guam milik AS yang berada di kawasan barat Pasifik.

DF-26 bisa dimasukkan hulu ledak konvensional, nuklir, dan bisa berfungsi sebagai rudal anti-kapal, membuatnya bisa digunakan menyerang target armada AS di kawasan Asia-Pasifik.

Kementerian Pertahanan China mengumumkan rudal tersebut sudah mulai aktif ditempatkan bersama Pasukan Roket sejak April 2018.

Peneliti China di Universitas Macquarie Adam Ni berkata, video peluncuran rudal itu memberi pesan kepada AS sejauh apa perkembangan rudal China.

"Video itu merupakan upaya pemberian pesan bahwa PLA mampu menenggelamkan kapal induk AS dan memberi kerusakan bagi militer mereka," papar Ni.

Halaman
12
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved