KPU Umumkan Daftar Nama Caleg Eks Koruptor Hari Ini, ICW Beberkan Nama dan Partainya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan umumkan daftar nama calon legislatif (caleg) eks koruptor, Rabu (30/1/2019). ICW beberkan nama dan partainya.

KPU Umumkan Daftar Nama Caleg Eks Koruptor Hari Ini, ICW Beberkan Nama dan Partainya
Istimewa
ILUSTRASI Bacaleg eks narapidana korupsi. 

Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengumumkan daftar nama calon legislatif (caleg) eks koruptor atau mantan narapidana kasus korupsi Rabu (30/1/2019), sore.

Diketahui, ada 40 lebih nama caleg masuk dalam daftar pihak KPU saat ini yang akan diumumkan sore nanti. 

Dilansir Kompas.com, Komisioner KPU Ilham Saputra mengatakan, selain diumumkan melalui situs resmi KPU, daftar caleg eks koruptor juga akan diumumkan melalui media massa, baik cetak maupun elektronik.

Daftar itu, tak hanya akan memuat nama dan identitas caleg, tetapi juga kasus hukum yang pernah menjeratnya, termasuk putusan peradilan kasus hukum yang bersangkutan.

"Rencana besok sore (Rabu 30 Januari 2019). Mantan eks koruptor aja, lebih dari 40 (caleg)," kata Ilham di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, pada Selasa (29/1/2019).

Enggak Usah Pencitraan

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengkritisi keputusan Komisi Pemilihan Umum ( KPU) yang akan mengumumkan nama calon anggota legislatif eks koruptor.

Menurut dia, KPU tidak perlu melakukan hal tersebut karena dianggap sebagai sebuah pencitraan.

"KPU enggak usah pencitraan. KPU tuh jaga keadilan pemilu saja. Enggak usah pencitraan, enggak usah ikut agendanya KPK. Itu urusannya lembaga lain," kata Fahri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada Selasa (29/1/2018).

Ia menilai, KPU seharusnya memastikan pelaksanaan pemilu agar berjalan lancar dan kredibel.

Halaman
1234
Penulis:
Editor: Panji Baskhara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved