Breaking News:

7.570 Lampu Penerangan Jalan di Kota Bekasi Padam, Dianggarkan Perbaikan Rp 1,5 Milyar

SEBANYAK 7.570 lampu penerangan jalan Umum (PJU) di Kota Bekasi padam dan rusak.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Dian Anditya Mutiara
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Petugas tengah memperbaiki stang besi penerangan jalan umum (PJU) di Kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat, Senin (17/12/2018). 

SEBANYAK 7.570 lampu penerangan jalan Umum (PJU) di Kota Bekasi padam dan rusak.

Kepala Bidang Penerangan Jalan Umum (PJU) pada Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Priyatno, mengatakan angka kerusakan titik lampu PJU itu sebanyak 20 persen dari PJU yang ada sebanyak 37.850 titik.

Atas kerusakan atau padamnya lampu PJU itu, instansinya mendapatkan anggaran Rp 1,5 miliar tahun 2019 ini.

Alokasi anggaran untuk perbaikan mencapai Rp 1,5 miliar. Besarnya anggaran itu masuk dalam pagu pengadaan komponen dalam APBD Kota Bekasi 2019.

"Banyak keluhan masyarakat soal lampu PJU ini yang padam. Kita terus lalukan pemantauan atas laporan itu, jumlah kerusakan itu laporan sepanjang 2018," tuturnya saat ditemui Wartakotalive, Rabu (30/1/2019).

Priyatno meminta masyarakat terus aktif melakukan pelaporan dan pengawasan terhadap lampu-lampu PJU itu.

Pelaporan bisa melalui media sosial instansinya, maupun laporan tertulis ke kantornya.

"Jadi kita minta peran aktif masyarakat laporkan jika lampu PJU padam, karena kan kita terbatas juga dalam melakukan pengawasan. Kita langsung gerak cepat dan lakukan penanganan," ucapnya.

"Tahun 2018 lalu juga kita anggarkan Rp 1,5 miliar. Kadang anggaran yang didapatkan tahun 2018 tidak bisa memperbaiki seluruh lampu PJU yang rusak. Perbaikannya nanti di tahun 2019 ini dengan anggaran yang tersedia," kata Priyatno lagi.

Ia mengungkapkan faktor kerusakan 7.570 lampu PJU itu beragam, ada yang sudah termakan usia, dan ada juga yang mengalami masalah dalam sistem penerangan.

"Jadi memang ada yang usia lampu PJU itu sudah lama, ada yang konslet atau masalah pada sistem di komponen lampu itu," terangnya. (M18)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved