Wabah DBD

Pasien Membludak, Sejumlah Pasien DBD Sempat Dirawat di Selasar

RSUD Tangerang Selatan sempat tidak dapat menampung pasien yang didiagnosa terjangkit demam berdarah dengue (DBD).

Pasien Membludak, Sejumlah Pasien DBD Sempat Dirawat di Selasar
Warta Kota/Zaki Ari Setiawan
Suasana Ruangan Anggrek di lantai 3 RSUD Tangerang Selatan, Pamulang, Selasa (29/1/2019). 

Laporan Wartawan Warta Kota, Zaki Ari Setiawan

TANGERANG, WARTA KOTA - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tangerang Selatan sempat tidak dapat menampung pasien yang didiagnosa terjangkit demam berdarah dengue (DBD).

Hal itu dibenarkan oleh Kabid Pelayanan Medis RSUD Tangsel, Imbar Umar Ghozali yang menjelaskan, terdapat sekitar 7 pasien berada di lobby ruang rawat inap.

Namun tidak semuanya berstatus sebagai penderita DBD.

"Kemarin ruangan tidak menampung, ada 7 yang di selasar, yang DBD 4 orang," ucap Imbar saat ditemui di Kantornya di RSUD Tangsel, Pamulang, Selasa (29/1/2019).

Membludaknya pasien RSUD Tangsel kemarin, Senin 28 Januari 2019 berada di ruangan Anggrek di lantai 3 yang menjadi ruangan khusus untuk anak-anak.

Imbar menerangkan, untuk pasien DBD per hari ini terdapat 16 pasien yang tengah dirawat di RSUD Tangsel. 10 dewasa dan 6 anak-anak.

Banyaknya pasien yang mendatangi RSUD Tangsel tidak dapat ditolak oleh pihak rumah sakit, dijelaskan Imbar, itu sudah menjadi tanggung jawab RSUD.

"RSU dilarang menolak pasien, jadi kita bilang kalau kamar penuh kita tawarkan dulu mau ngga di kursi dulu atau ke Puskesmas," ucapnya.

Imbar merinci, terdapat 34 kasur untuk pasien rawat inap anak di RSUD Tangsel. Sedangkan untuk total keseluruhannya terdapat 170 kasur.

Pantauan Warta Kota, sudah tidak ada lagi pasien yang di selasar, seluruhnya sudah berada di dalam ruangan tersebut.

Nur Aini, seorang ibu yang mendampingi anak perempuannya yang diduga terkena gejala DBD juga sempat merasakan berada di selasar, namun tidak lama segera diberikan tempat di dalam ruangan.

"Katanya ruangannya penuh, hanya sebentar di selasar. Masuknya sudah dari tiga hari lalu, satu hari di IGD terus ke sini," ujar Nur Aini.

Berdasarkan data RSUD Tangsel, per Oktober 2019 sampai minggu kedua Januari 2019 terdapat 141 pasien dbd yang juga mengalami komplikasi dengan penyakit lain.

Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved