Di Laut Baltik, Jet Tempur Rusia Su-27 Cegat Pesawat Pengintai AS P-8A Poseidon

SEBUAH jet tempur jenis Su-27 milik AU Rusia mencegat sebuah pesawat pengintai milik AU Amerika Serikat jenis P-8A Poseidon.

Di Laut Baltik, Jet Tempur Rusia Su-27 Cegat Pesawat Pengintai AS P-8A Poseidon
ainonline.com
PESAWAT pengintai Poseidon P-8A milik AL Amerika Serikat. 

SEBUAH jet tempur jenis Su-27 milik AU Rusia mencegat sebuah pesawat pengintai milik AU Amerika Serikat jenis P-8A Poseidon.

Pesawat milik AS itu dicegat karena mendekati perbatasan maritim Rusia di Laut Baltik. Demikian Kementerian Pertahanan Rusia, Senin (28/1/2019).

Sebelumnya, radar Rusia menangkap pesawat itu mendekat ke kawasan perairan netral di Baltik. Beberapa saat kemudian Rusia mengirimkan sebuah Su-27 untuk mencegat.

Jet Tempur AS dan Kanada Kawal Pesawat Pembom Rusia yang Melintas di Utara Amerika

Pesawat Rusia itu kemudian mendekati targetnya meski masih menjaga jarak aman dan mengidentifikasi pesawat itu sebagai Poseidon P-8A milik AS.

Setelah dicegat Su-27 itu, pesawat AS tersebut langsung memutar arah dan jet Rusia kembali ke pangkalannya dengan selamat.

Insiden ini belakangan menjadi hal yang lumrah saat NATO meningkatkan kehadirannya di dekat perbatasan Rusia menyusul aneksasi Crimea pada 2014 serta konflik di Ukraina.

Cegat Pesawat Pengintai AL AS di Laut Hitam, Jet Tempur Rusia Semburkan Api

Pada November tahun lalu, AS mengajukan protes atas apa yang disebut sebagai pencegatan yang tidak aman Su-27 terhadap pesawat pengintai EP-3.

AL Amerika Serikat menuding jet Rusia melakukan terbang lintas berkecepatan tinggi tepat di depan pesawat pengintai itu sehingga membahayakan seluruh kru pesawat.

Namun, Moskwa bersikukuh pilotnya tetap menjaga jarak aman saat melakukan manuver di udara.

Pekan lalu, Kementerian Pertahanan Rusia juga merilis video saat sebuah Su-27 mencegat sebuah pesawat pengintai milik AU Swedia di Laut Baltik. (Ervan Hardoko)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jet Tempur Rusia Cegat Pesawat Pengintai AS di Laut Baltik"

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved