Pemerintah Siapkan Rp 600 Triliun untuk Benahi Transportasi Jabodetabek, Targetnya 10 Tahun Beres

WAKIL Presiden Jusuf Kalla mengatakan, pemerintah memerlukan waktu 10 tahun untuk menata transportasi di wilayah Jabodetabek.

Pemerintah Siapkan Rp 600 Triliun untuk Benahi Transportasi Jabodetabek, Targetnya 10 Tahun Beres
Setwapres ID
Wakil Presiden Jusuf Kalla memimpin rapat transportasi se-Jabodetabek, di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (28/1/2019). 

WAKIL Presiden Jusuf Kalla mengatakan, pemerintah memerlukan waktu 10 tahun untuk menata transportasi di wilayah Jabodetabek.

Ia menuturkan, ke depan pemerintah akan menata moda transportasi yang akan saling terintegrasi, seperti Kereta Api, Commuter Line, Mass Rapid Transit (MRT), Light Rail Transit (LRT), serta Transjakarta.

"Jadi begitu banyak moda angkutan juga, ada Kereta Api, Commuter Line, Mass Rapid Transit (MRT), Light Rail Transit (LRT), serta Transjakarta. Bagaimana menyinkronkan itu dalam satu operasional," kata JK, di Kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (28/1/2019).

Abu Bakar Baasyir Minta Remisi Besar Saat Idul Fitri Daripada Bebas Tanpa Syarat

Sejauh ini ia mengatakan, pemerintah menyiapkan dana sekitar Rp 600 triliun untuk membenahi sarana dan prasarana transportasi se-Jabodetabek.

"Itu (Rp 600 triliun) anggaran keseluruhan yang bisa dilaksanakan dalam bentuk APBN, bisa dalam bentuk APBD, bisa dalam bentuk investasi swasta. Iya, harus begitu keseluruhan. Itu untuk 10 tahun, harus selesai 10 tahun," tuturnya.

Untuk itu, pemerintah mengadakan rapat Transportasi se-Jabodetabek yang dihadiri sejumlah menteri dan pejabat daerah seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, serta Menteri BUMN Rini Soemarno.

Dewi Perssik: Sampai Kapanpun Aku Tetap Sayang Sama Pak Ahok, Kangen

Hadir juga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Banten Wahidin Halim, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, dan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany.

Sebelum melakukan rapat bersama, JK meninjau titik kemacetan lalu lintas se-Jabodetabek dari udara, Senin pagi, menggunakan Helikopter Superpuma, yang tinggal landas dari Monas pada pukul 08.00 WIB.

Selama kurang lebih 45 menit, Wapres mengudara di atas Slipi, Simpang Semanggi, Jagorawi wilayah Cawang, hingga Taman Mini dan Cilitan.

Kemudian menuju Cikunir, Gerbang Tol Tambun, Cakung, kemudian ke arah Utara Tol Tanjung Priok dan ditutup ke Pantai Indah Kapuk sebelum kembali ke Monas. (Rina Ayu)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved