Jalan Ambles di Tole Iskandar Depok Ancam Pipa PDAM, Sudah Tiga Minggu Tak Kunjung Diperbaiki

BADAN jalan sepanjang 10 meter di Jalan Raya Tole Iskandar, Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, ambles sejak tiga pekan lalu.

WARTA KOTA/GOPIS SIMATUPANG
BADAN jalan sepanjang 10 meter di Jalan Raya Tole Iskandar, Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, ambles sejak tiga pekan lalu. 

BADAN jalan sepanjang 10 meter di Jalan Raya Tole Iskandar, Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, ambles sejak tiga pekan lalu.

Hingga Senin (28/1/2019), badan jalan yang berada persis di depan Kompleks Cascadia Residence itu belum juga diperbaiki.

Manajer Pemasaran Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Asasta Imas Dyah Pitaloka, mengatakan, tidak jauh dari titik jalan yang ambles terdapat pipa PDAM. Bila tidak segera diperbaiki, pipa akan rusak sehingga mengancam pasokan air bersih ribuan pelanggan.

Umrah Lagi, Irwansyah dan Zaskia Sungkar Tak Lelah Berdoa Agar Diberikan Momongan

"Untuk sekarang memang belum ada kebocoran (karena jalan ambles). Tapi kalau kelamaan tidak diperbaiki, yang ambles bisa meluas dan merusak pipa PDAM di bawahnya," ujar Imas kepada wartawan, Senin (28/1/2019).

Dia menyampaikan, kasus amblesnya jalan hingga merusak pipa PDAM di titik tersebut sudah berulang kali terjadi. Karena itu, dia berharap Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok dapat memperbaikinya secara sungguh-sungguh.

"Jangan sampai terjadi seperti sebelumnya. Seringkali pekerjaan jalan atau drainase membuat rusak (bocor) pipa PDAM, karena kurangnya koordinasi terutama dengan pihak ketiga yang ditunjuk untuk pekerjaan tersebut," bilang Imas.

Hakim Kabulkan Gugatan Cerai Gisella Anastasia, Hak Asuh Anak Jatuh ke Tangannya

Imas mengingatkan, bila perbaikan dilakukan dengan cara asal-asalan hingga mengakibatkan pipa pecah, maka warga juga yang rugi. Pipa yang rusak akan merugikan sekitar 3.000 pelanggan yang bertumpu pada pasokan air bersih PDAM Tirta Asasta.

Bila nantinya pipa pecah, Imas menjelaskan sekitar 3 ribu pelanggan bakal terdampak dan tak dapat pasokan air untuk sementara waktu.

PDAM Tirta Asasta, bilang Imas, telah memantau amblesnya titik jalan di Jalan Raya Tole Iskandar sejak tiga pekan lalu, sebelum makin parah seperti saat ini. Hal ini juga telah dikeluhkan warga RW 02 Kelurahan Mekarjaya.

Jalan Perimeter Utara Bandara Soekarno-Hatta yang Rusak Bakal Dijadikan Landasan Pacu Pesawat

"Info dari petugas PDAM di lapangan jalan sudah ambles sejak tiga minggu lalu. Itu akibat truk pengangkut tanah yang melintas. Kalau nantinya pipa bocor ada sekitar 3.000 pelanggan yang terdampak," katanya.

Arif (28), warga RW 02 Kelurahan Mekarjaya, menyampaikan, tahun 2017 lalu, jalan yang kerap macet ini pernah ambles karena konstruksi jalan tak kuat menahan beban truk dan bus yang melintas, hingga merusak pipa PDAM Tirta Asasta yang tertanam di bawahnya.

"Ini bukan yang pertama ambles, tahun 2017 lalu juga ambles, malah lebih parah. Pipa PDAM yang ada di bawahnya pecah, pecahnya pas ada truk lewat. Waktu itu ban truknya sampai enggak bisa naik dan harus diderek," ungkap Arif. (*)

Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved