6 Hal Sorotan Dunia Perdagangan Digital di Indonesia Tahun 2019

Pperdagangan digital di Indonesia naik delapan kali lipat, dari total pembelanjaan online 8 miliar dolar AS tahun 2017 menjadi 55 miliar dolar AS.

6 Hal Sorotan Dunia Perdagangan Digital di Indonesia Tahun 2019
Surya
Ilustrasi 

WARTA KOTA, PALMERAH--- Pertumbuhan industri perdagangan digital di Indonesia semakin menjanjikan di 2019.

Berdasarkan prediksi McKinsey pertumbuhan perdagangan digital atau e-commerce di Indonesia meningkat delapan kali lipat, dari total pembelanjaan online 8 miliar dolar AS tahun 2017 menjadi 55 miliar dolar AS hingga 65 miliar dolar AS tahun 2020.

McKinsey juga memprediksi penetrasi belanja online masyarakat Indonesia juga akan meningkat menjadi 83 persen dari total pengguna internet, atau meningkat sekitar 9 persen dibanding penetrasi belanja online di 2017.

ShopBack melihat industri e-commerce di Indonesia pada 2019 akan semakin terarah dan semakin berkembang.

Indra Yonathan, Country Head of ShopBack Indonesia, mengatakan, industri perdagangan digital di Indonesia akan lebih berwarna dibanding tahun-tahun sebelumnya.

"Tahun ini, pelaku e-commerce semakin gencar menghadirkan inovasi untuk menggaet konsumen baru dan mempertahankan konsumen lama. Perang promo potongan harga serta promo lainnya akan tetap mewarnai e-commerce 2019," kata Indra Yonathan.

Yonathan mengatakan, peraturan pajak ecommerce yang dikeluarkan kementerian keuangan melalui PMK-210 yang efektif pada 1 April mendatang, memang masih mendatangkan pro-kontra bagi para pelaku e-commerce.

"Jika peraturan ini disosialisasikan dengan baik dan diterapkan secara adil, tentunya ini akan memperjelas laju industri e-commerce di Indonesia," ujarnya.

ShopBack melihat beberapa hal yang akan menjadi sorotan di dunia perdagangan digital di Indonesia pada 2019, sebagai berikut:

Transaksi melalui perangkat mobile meningkat

Halaman
1234
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Info Komputer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved