Jakarta Banjir

Sudin SDA Jakut Kerahkan Pompa Mobile Atasi Banjir Muara Angke

Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Utara mengerahkan pompa mobile dan fire pump untuk mengatasi banjir yang melanda kawasan Muara Angke RW 01

Sudin SDA Jakut Kerahkan Pompa Mobile Atasi Banjir Muara Angke
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Sejumlah petugas Sudin SDA Jakut saat menyedot banjir di kawasan Muara Angke, Penjaringan, Jakut, Minggu (27/1). 

Laporan Wartawan Warta Kota, Junianto Hamonangan

PENJARINGAN, WARTA KOTA -- Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Utara mengerahkan pompa mobile dan fire pump untuk mengatasi banjir yang melanda kawasan Muara Angke RW 01 dan RW 21, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara.

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Utara mengatakan pompa mobile yang dikerahkan yakni dua unit 150 liter per detik dan satu unit 200 liter per detik ditambah satu unit fire pump berkapasitas 80 liter per detik.

“Kita gunakan pompa mobile dan fire pump supaya cepat selesai. Selain itu ada juga bantuan dua unit pompa dari kelurahan,” katanya, di lokasi, Minggu (27/1).

Selain itu petugas yang dikerahkan ke lokasi jumlahnya mencapai hampir 100 orang dari unsur Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Utara dan Satuan Pelaksana Penjaringan ditambah personel PPSU Pluit.

“Air yang kita sedot langsung dbuang ke laut. Mudah-mudahan kalau nggak hujan, insyaallah nanti malam juga surut,” sambungnya.

Penyebab banjirnya kawasan Muara Angke disinyalir hujan deras yang terjsdi pada Jumat (25/1) dini hari hingga siang.

Sejumlah petugas Sudin SDA Jakut saat menyedot banjir di kawasan Muara Angke, Penjaringan, Jakut, Minggu (27/1).
Sejumlah petugas Sudin SDA Jakut saat menyedot banjir di kawasan Muara Angke, Penjaringan, Jakut, Minggu (27/1). (Warta Kota/Junianto Hamonangan)

Ditambah lagi pompa di Waduk Muara Angke juga tidak berfungsi karena mengalami kerusakan.

“Sebenarnya di sana (Waduk Muara Angke) ada satu unit pompa 1.000 liter per detik dan dua unit pompa 500 liter per detik tapi rusak semua. Rusaknya karena usia, tahun 90 an dan mungkin sampah nyangkut,” katanya.

Menurut Santo, perbaikan diperkirakan memakan waktu dua minggu.

Sementara antisipasi kedepannya akan disiagakan dua unit pompa mobile masing-masing berkapasitas 150 liter per detik di kawasan Muara Angke selama musim hujan. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved