Anies Baswedan: DKI Menunggu Peran IPB Selesaikan Permasalahan Air Bersih

"Apakah IPB punya cara baru untuk persediaan air bersih atau air minum bagi kebutuhan hidup di DKI Jakarta," kata Anies Baswedan

Anies Baswedan: DKI Menunggu Peran IPB Selesaikan Permasalahan Air Bersih
WARTA KOTA/ANGGIE LIANDA PUTRI
Gubernur Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta. 

GUBERNUR DKI Jakarta, Anies Baswedan menyatakan, peran Institut Pertanian Bogor (IPB) ditunggu warganya untuk membantu penyelesaian masalah persediaan air bersih di Ibu Kota.

"Apakah IPB punya cara baru untuk persediaan air bersih atau air minum bagi kebutuhan hidup di DKI Jakarta," kata  Anies Baswedan melalui pernyataan yang dilansir Humas IPB di Bogor, Jawa Barat, Sabtu (26/1/2019).

Sebelumnya, pada Senin (21/1), Anies Baswedan bersama Rektor IPB, Arif Satria menandatangani nota kesepakatan bersama antara Pemprov DKI Jakarta dengan IPB di Balairung, Balai Kota Jakarta

Nota kesepakatan ini berisi kerja sama pemerintah dan dunia pendidikan dalam penerapan Tri Dharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Anies mengemukakan tantangan nyata yang dirasakan oleh warga Jakarta, salah satu masalah utamanya adalah air minum atau air bersih.

"Bagaimana sebuah kota besar seperti DKI Jakarta kalau tidak ada air bersih, padahal air adalah kebutuhan  paling mendasar," katanya.

Karena itu, kata dia, pihaknya mengajak IPB untuk melihat masalah yang senyata-nyatanya dihadapi di DKI Jakarta. 

"Jadi dengan kerja sama ini bukan hanya untuk mencari solusinya, akan tetapi melihat akar masalahnya apa," katanya.

Pada bagian lain, Anies menyatakan bahwa DKI Jakarta juga berencana untuk mendapatkan bibit buah-buahan yang  unggul dari IPB, lalu diberikan gratis pada warga DKI Jakarta dan ditanam di pekarangan rumah. 

Dengan demikian, katanya, Jakarta akan menjadi tempat tumbuhnya buah-buahan yang unggul di Indonesia. 

"Mari kita manfaatkan kedekatan dan kerja sama dengan IPB ini. IPB akan membantu mengembangkan dan mengelola bidang pertanian, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang ada di DKI Jakarta dengan penuh tanggung jawab," katanya.

Anies Baswedan berharap IPB dan DKI Jakarta dapat melakukan kerja sama dan berkolaborasi dengan baik untuk merumuskan masalah bersama, mencari solusi bersama dan dikerjakan pemecahannya bersama-sama dengan benar. 

Sementara itu, Rektor IPB, Arif Satria mengatakan,  kerja sama itu adalah untuk mempertajam dan mengkonkretkan berbagai gagasan sebagai kontribusi IPB dalam pembangunan bangsa, khususnya di Provinsi DKI Jakarta. (Antara)

Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved