Cegah DBD, Kadisdik DKI Imbau Sekolah Pantau Jentik Nyamuk

PEMPROV DKI Jakarta terus melakukan upaya untuk mencegah penyebaran demam berdarah dengue (DBD) di Ibu Kota.

Cegah DBD, Kadisdik DKI Imbau Sekolah Pantau Jentik Nyamuk
Warta Kota
Ilustrasi nyamuk demam berdarah dangue. 

PEMPROV DKI Jakarta terus melakukan upaya untuk mencegah penyebaran demam berdarah dengue (DBD) di Ibu Kota.

Salah satunya, di sekolah-sekolah. Sebab, berdasarkan data, warga yang terjangkit DBD adalah anak usia sekolah antara 13–15 tahun.

Terlebih, nyamuk aedes aegypti biasanya menggigit sekitar pukul 10.00 WIB, di mana anak-anak sedang melakukan kegiatan belajar di sekolah.

Gisella Anastasia Doakan Ahok Bisa Bangkit Lagi Setelah Bebas dari Penjara

Oleh karena itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Bowo Irianto mengatakan, setiap sekolah di Jakarta telah diberikan tugas untuk memantau jentik nyamuk.

Bahkan, pihaknya sudah mengimbau agar sekolah melakukan pemberantasan sarang nyamuk secara berkala setiap hari, di beberapa titik rawan berkembang biaknya nyamuk.

“Pokoknya jangan ada genangan-genangan, kemudian hati-hati dengan dispenser yang ada sisa air minum di bawah kerannya. Kemudian, di belakang kulkas juga tempat penampungan air dan harus sering dilakukan pengurasan kolam yang ada di sekolah,” tutur Bowo Irianto di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (25/1/2019).

Tak Bisa Lihat Ahok Bebas, Pendukungnya Menangis

Ia juga mengaku selalu berkoordinasi dengan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) setempat, untuk memberikan bubuk abate atau berkoordinasi langsung dengan Dinas kesehatan untuk pengasapan.

“Jika memang mendesak, kemudian kami sudah koordinasi dengan kepala Dinas Kesehatan, maka kami koordinasi langsung Puskesmas. Kalau ada sekolah kemudian memang butuh untuk abate, silakan koordinasi dengan puskesmas,” papar Bowo Irianto. (*)

Penulis: Anggie Lianda Putri
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved