Banyak Genangan di Jakarta, Pemprov DKI Jakarta Salahkan Proyek Pembangunan MRT dan LRT

Kontraktor MRT dan LRT dinilai hanya fokus pada pembangunan infrastruktur jalan atau lintasan kereta, tetapi mengabaikan drainase.

Banyak Genangan di Jakarta, Pemprov DKI Jakarta Salahkan Proyek Pembangunan MRT dan LRT
Warta Kota/Anggie Lianda Putri
Kepala Dinas SDA Teguh Hendrawan. 

Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Teguh Hendrawan, mengatakan masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan terkait langkah penanggulangan genangan dan banjir.

Namun ditekankannya, kerjasama harus dilakukan seluruh pihak, pasalnya salah satu pemicu genangan dan banjir disebabkan buruknya perencanaan pembangunan kereta cepat.

Kereta cepat yang dimaksudnya adalah Mass Rapid Transit atau Moda Raya Terpadu (MRT) Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI) serta Light Rail Transit (LRT) Jabodetabek.

Selain itu, area pembangunan 16 ruas jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) pun rawan genangan.

Proyek Jalan Siliwangi Pamulang Terhambat Pembebasan Lahan

Presiden Joko Widodo Diteriaki Bohong dan Hoaks di Masjid Agung Al-Barkah Kota Bekasi

Alasannya dipaparkannya karena kontraktor hanya fokus pada pembangunan infrastruktur jalan atau lintasan kereta, tetapi mengabaikan drainase.

Akibatnya lokasi di sekitar area proyek pembangunan rawan tergenang.

"Genangan berkurang, tetapi perlu dicatat penyebab genangan itu sekarang MRT, LRT dan sekitar proyek pembangunan tol Becakayu. Mereka abai drainase sehingga air genang," jelasnya dihubungi pada Jumat (25/1/2019).

Terkait hal tersebut, dirinya menegaskan akan membawa permasalahan itu sampai pada Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan.

Bersamaan, pihaknya kini tengah melakukan pendataan lokasi rawan genangan dna banjir yang dipicu proyek pembangunan transportasi massal itu.

"Pasti dibahas di Rapim (Rapat Pimpinan) supaya diperhatikan pihak mereka (MRT, LRT dan kontraktor Tol Becakayu)," tegasnya.

Halaman
12
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Panji Baskhara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved